Tips Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selama berpuasa, perut anda akan kosong selama berjam-jam. Nyatanya, perut kosong dapat menyebapkan bau mulut. Ada juga beberapa faktor lain yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Salah satunya karena kondisi mulut yang tidak bersih.

Oleh karena itu, mengubah gaya hidup untuk selalu menjaga kebersihan dapat membantu anda untuk menghilangkan bau mulut loh. Dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa.

Gosok gigi usai sahur

Sesudah makan sahur, mulut akan menyimpan sisa-sisa makanan yang menempel. Hal ini yang menyebabkan bau mulut jika tidak dibersihkan,. Maka sikat gigilah setelah makan sahur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bersihkan sela gigi

Sela gigi merupakan bagian yang sulit terjangkau dengan sikat gigi. Flossing atau benang khusus gigi, dapat membantu masalah ini. Bersihkanlah sela-sela gigi untuk menghilangkan bekas makanan yang masih menempel pada gigi.

Menyikat lidah

Lidah merupakan sarang menumpuknya bakteri. Oleh karena itu, sikatlah lidah dengan penyikat lidah yang lembut, agar tidak melukainya. Dengan begitu, maka masalah bau mulut akan teratasi.

Ganti sikat gigi secara rutin

Sikat gigi yang anda gunakan ada batas waktu pemakainnya. Gantilah sikat gigi anda jika sudah usang. Sebaiknya mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut.

Hindari makanan berbau menyengat saat sahur

Mengonsumsi makanan yang berbau nyengat saat sahur juga dapat membuat bau makanan tersebut menempel di mulut anda. Hindarilah makanan seperti bawang, jengkol, dan juga makanan manis ketika sahur.

Rutin ke dokter gigi

Memeriksakan secara rutin ke dokter gigi merupakan langkah yang benar dalam mengatasi bau mulut. Temui dokter gigi secara teratur. Biasanya dua kali setahun untuk memeriksa dan membersihkan gigi.

Populer video

Berita lainnya