Tips Agar Kulit Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selama berpuasa, tubuh mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 12 jam. Hal ini yang dapat menyebabkan kulit kering. Terlebih di tengah kondisi cuaca panas, yang akan menambah kulit anda semakin kering.

Karenanya anda perlu menjaga lebih ekstra kelembapan ekstra kulit ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Dilansir dari laman Cheers, berikut ini 5 cara yang bisa dilakukan agar kulit tetap terhidrasi saat berpuasa.

Minum yang cukup saat sahur dan berbuka puasa

Sahur dan berbuka menjadi kesempatan anda untuk mencukupi asupan cairan tubuh. Sebab, sumber kelembaban kulit adalah air. Jadi manfaatkanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka kelembaban kulit anda akan tetap terjaga.

Konsumsi sayur dan buah

Menjaga kesehatan kulit tidak melulu mengandalkan nutrisi dari luar. Nutrisi dari dalam juga sama pentingnya seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur. Buah dan sayur banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kelembaban kulit.

Perhatikan sabun wajah yang dipakai

Banyak yang mengira sering mencuci muka akan membersihkan kulit dengan baik. Padahal, membersihkan wajah secara berlebihan akan mengurangi kelembaban kulit. Terutama membersihkan wajah dengan menggunakan sabun yang memiliki kandungan cukup keras.

Perhatikan PH yang terkandung pada produk pembersih yang anda gunakan. PH normal kulit wajah berkisar antara 5-6. Oleh karena itu, pembersih wajah yang dipilih juga harus berada dalam kisaran pH tersebut. Jika pH tinggi bisa membuat kulit menjadi sensitif, berjerawat, bahkan kering.

Gunakan pelembab

Menutrisi kulit dari luar juga tak boleh dilewatkan. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit anda. Banyak orang yang menganggap kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab, padahal itu kesalahan besar. Padahal kulit kering dan berminyak sama-sama membutuhkan pelembab.

Gunakan tabir surya

Berikan perlindungan kulit wajah seoptimal mungkin. Sinar UVA dan UVB dari matahari tak hanya bisa membuat kulit kusam, tapi juga bisa mempercepat penuaan. Gunakan tabir surya dengan jumlah SPF sesuai aktivitas anda.

Populer video

Berita lainnya