Kesal Punya Kantung Mata? Coba Lakukan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kantung Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kantung mata menjadi salah satu masalah yang lazim terjadi, seiring bertambahnya usia seseorang. Hal itu disebabkan mulai melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk beberapa otot pada kelopak mata. Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan kantung mata?

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantung di bawah mata, berdasarkan penyebabnya. Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan rumahan untuk mengecilkan kelopak mata bagian bawah. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Kompres dingin

Cara menghilangkan kantung mata yang paling mudah yaitu mengompres mata dengan kompres dingin. Rasa dingin dari kompres bertujuan mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah.

Ada banyak jenis kompres dingin yang bisa dimanfaatkan, seperti kompres es, irisan timun yang dingin, atau sendok yang sudah didinginkan. Letakkan kompres di atas mata tertutup dan diamkan selama beberapa menit.

Menjaga kelembapan kulit

Produk skincare seperti pelembap untuk kulit ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kantung di bawah mata. Usahakan untuk menggunakan pelembap sehari-hari guna menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit di sekitar mata. Kulit yang lembap biasanya memiliki penghalang yang baik untuk mencegah iritasi dan alergen.

Mengurangi asupan garam

Terlalu banyak makan makanan asin ternyata bisa menjadi pemicu munculnya kantung mata. Sebab, garam memicu retensi cairan tubuh yang mungkin memicu pembengkakan, termasuk kulit di sekitar mata. Oleh karenanya, usahakan untuk mengurangi asupan garam dengan menghindari makan makanan olahan dan kemasan.

Minum air yang cukup

Berat badan anda terbentuk dari air sebanyak 60 persen. Tidak heran ketika dehidrasi dapat menyebabkan kantung di bawah mata. Itu sebabnya, meningkatkan asupan air bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata. Beberapa ahli merekomendasikan minum sekitar enam sampai delapan gelas air.

Membatasi alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi yang akhirnya mungkin menimbulkan kantung mata hitam. Tak ada salahnya bukan untuk membatasi hingga berhenti minum alkohol demi penampilan kulit yang lebih sehat.

Berhenti merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi bila rokok berbahaya bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit di sekitar mata. Merokok mengurangi cadangan vitamin C dalam tubuh yang menjadi vitamin penting untuk kolagen sehat pada kulit. Akibatnya, masalah kulit berkerut hingga lingkaran hitam di sekitar mata mungkin akan muncul.

Gunakan sunscreen saat keluar ruangan

Selalu memakai tabir surya saat keluar rumah menjadi salah satu hal terpenting dalam merawat kulit. Kebiasaan ini membantu adda mencegah beragam masalah kulit, seperti penuaan dini, kanker kulit, dan mengatasi kantung mata. Usahakan memilih produk tabir surya dengan SPF lebih dari 30.

Biasakan hapus riasan sebelum tidur

Tidur dengan wajah yang masih ditempeli make-up, seperti maskara, ternyata bisa memicu reaksi alergi dan infeksi. Bahkan, kebiasaan ini bisa merusak kulit di sekitar mata. Itu sebabnya penting mencuci muka dan melakukan langkah-langkah perawatan kulit di malam hari, agar kulit di sekitar mata tetap sehat.

Konsumsi makanan yang kaya akan kolagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak dijumpai dalam tubuh, terutama di otot, tulang, kulit, dan tendon. Protein ini berperan dalam memberikan kekuatan dan elastisitas kulit, serta mengganti sel kulit mati. Tak heran bila kebutuhan kolagen perlu dipenuhi untuk mengatasi kantung mata.

Rutin berolahraga

Senam wajah termasuk cara alami mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk pada area sekitar mata. Beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan guna menjaga kesehatan kulit di sekitar mata meliputi yoga, gerakan aerobik, dan senam wajah.

Populer video

Berita lainnya