Lebih Semangat Beraktivitas, Ketahui Cara untuk Meningkatkan Stamina

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jaga Stamina di Tengah Padat Aktivitas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stamina adalah ketahanan fisik maupun mental seseorang dalam jangka waktu lama. Dengan memiliki stamina yang prima akan mendukung kesehatan fisik dan mental seseorang, selain juga produktivitas kerja. Karenanya perlu untuk mengetahui cara meningkatkan stamina sehingga Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Untuk meningkatkan atau menjaga stamina, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Beragam cara tersebut tentunya berhubungan erat dengan pola hidup sehat. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa cara meningkatkan stamina yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rutin olahraga

Anda dianjurkan berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu guna meningkatkan stamina. Jika Anda termasuk orang yang jarang olahraga, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan santai, tapi lakukan secara konsisten.

Konsumsi makanan penambah stamina

Pilihan makanan yang dapat meningkatkan stamina ada beragam, seperti oatmeal, telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi lain agar kebutuhan nutrisi harian bisa terpenuhi dengan baik.

Minum air putih yang cukup

Tak hanya mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya juga turut memengaruhi stamina Anda. Jadi, biasakan minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari agar stamina tetap terjaga.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup juga berperan terhadap peningkatan stamina karena tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih berenergi, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Melakukan meditasi

Meditasi juga menjadi salah satu cara meningkatkan ketahanan fisik dan mental. Dari sekian banyak jenisnya, salah satu jenis meditasi yang paling umum adalah yoga. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan yoga selama 6 minggu, cenderung tidak mudah lelah dan stres. Artinya, kegiatan tersebut bisa memberikan efek yang baik terhadap stamina tubuh.

Populer video

Berita lainnya