Dear Pria, Begini Cara Mengencangkan kulit Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kulit Wajah Pria
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas masalah tidak hanya dambaan kaum hawa. Memiliki wajah yang kendur atau keriput, bagi beberapa pria juga dirasa dapat mengganggu. Karenanya tidak sedikit pria yang mencari cara untuk kembali mengencangkan kulit.

Langkah untuk membuat wajah pria lebih kencang sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan wanita. Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur medis yang dilakukan ahli kesehatan, ada beberapa cara mengencangkan wajah pria secara mandiri yang terbilang efektif. Melansir laman sehatQ, berikut cara yang bisa dilakukan secara rutin dan berkelanjutan untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit Anda.

Merawat wajah secara rutin

Malas mencuci muka dan membiarkan kotoran tetap menempel di wajah sepanjang malam, dapat menyebabkan kulit mengalami stres oksidatif sehingga lebih mudah berkerut. Maka dari itu, luangkan waktu selama tiga hingga lima menit untuk mencuci muka secara rutin dapat menjadi cara mengencangkan kulit wajah pria.

Selain itu, hindari menggosok wajah terlalu keras saat cuci muka dan basuh dengan air dingin hingga bersih. Lengkapi perawatan wajah dengan menggunakan produk anti-aging yang biasanya mengandung retinol untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan sehat.

Menggunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya atau sunscreen sangatlah efektif untuk mencegah kerut ataupun kendur akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya itu saja, paparan sinar matahari memiliki efek jangka panjang yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya pada permukaan kulit yang terpapar sinar matahari.

Mengatur posisi tidur

Kerutan di wajah dapat disebabkan kompresi karena tekanan wajah pada permukaan bantal dengan cara yang sama setiap malam. Hal ini dapat membuat kulit wajah lebih lemah di beberapa tempat dan menyebabkan kerutan. Anda dapat mengubah posisi tidur secara telentang untuk mencegah atau memperlambat kerutan wajah yang muncul akibat kompresi.

Mengatur asupan makanan dan minuman

Makanan memiliki peran penting dalam menutrisi kulit termasuk menjaga kesehatannya dan mencegah keriput. Cara mengencangkan kulit wajah pria salah satunya dengan mengatur asupan makanan, khususnya:

  • Mengurangi asupan makanan tinggi gula dan minyak
  • Perbanyak makanan dan minuman sumber antioksidan seperti buah berri-berrian khususnya blueberry, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan.
  • Makanan mengandung minyak zaitun
  • Makanan dan minuman yogurt atau mengandung probiotik lainnya

Memberikan pijatan

Alat pijat wajah dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap halus. Memijat wajah setiap hari selama tiga hingga lima menit dengan jari juga dapat memberikan efek yang baik untuk kulit. Pijat juga dapat mengurangi stres yang dapat menyebabkan kerutan.

Untuk melakukan pijat yang bisa mengencangkan kulit wajah, cukup berikan tekanan kuat menggunakan jari-jari ke kedua sisi wajah dan menggerakkannya dengan gerakan melingkar.

Gunakan Lidah buaya

Ada banyak produk natural yang dapat digunakan pada wajah sebagai pelembab atau masker sebagai cara mengencangkan kulit wajah pria. Salah satu yang sudah terbukti khasiatnya adalah lidah buaya. Gel lidah buaya yang diaplikasikan pada kulit dinilai dapat mengurangi tampilan kerutan dan meningkatkan kandungan kolagen serta menghidrasi kulit.

Manfaatkan putih telur

Menggunakan putih telur juga dapat memperbaiki tampilan keriput pada wajah. Meskipun demikian, akan lebih efektif jika Anda menggunakan krim yang terbuat dari membran telur yang memisahkan putih telur dari cangkangnya. Cara ini sebaiknya tidak dilakukan jika Anda memiliki alergi terhadap telur.

Jalani gaya hidup sehat

Tidak kalah penting dalam cara mengencangkan kulit wajah pada pria adalah menjalani gaya hidup sehat, seperti:

  • Olahraga secara teratur minimal 30 menit per hari
  • Minum air yang cukup sehingga kulit tetap terhidrasi dan terjaga keremajaannya.
  • Lakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi dengan scrub seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati
  • Berhenti merokok

Populer video

Berita lainnya