Ramai Beredar Masker Palsu, Begini Cara Bedakan dengan yang Asli

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masker, hand sanitizer, dan disinfektan seolah menjadi kebutuhan wajib di masa pandemi ini, untuk melindungi diri kita dari terpaparnya virus COVID-19. Namun yang saat ini tengah hangat menjadi perbincangan adalah ihwal masker palsu yang beredar di masyarakat.

Disebut palsu, karena masker tersebut tidak sesuai dengan standar medis dan berpotensi risiko penularan virus COVID-19. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap masker kesehatan palsu yang beredar di pasaran. Berikut 4 Cara Membedakan Masker Medis Asli dan Palsu

Cek nomor izin edar pada kemasan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek nomor izin edar yang tertera pada kemasan masker. Masyarakat dihimbau hanya membeli dan menggunakan masker yang sudah memiliki nomor izin edar yang resmi, dan itu dapat diakses secara publik melalui infoalkes.kemkes.go.id.

Perhatikan bentuk fisik masker

Pada umumnya masker bedah dibuat dari bahan material non-woven spunbound, meltblown, spunbond (SMS), dan spunbond, meltblown, meltblown, spunbond (SMMS). Sedangkan masker respirator atau yang biasa disebut N95/KN95 terbuat dari lapisan polypropylene yang lebih tebal dan lapisan tengah berbahan elektrete/charge polypropylene.

Pastikan masker kesehatan yang anda pakai memiliki 3 lapisan. Buka dan robek salah satu masker dan pastikan lapisannya ada 3. Ketiga lapisan ini terdiri dari kepingan translucent yang berada di paling luar (atas), lapisan putih di tengah, dan kepingan berwarna hijau, biru, atau putih.

Uji masker menggunakan air

Masker bedah yang sesuai standar memiliki kemampuan mencegah droplet atau percikan air liur. Lapisan luar masker seharusnya anti air untuk melindungi orang lain dari batuk dan bersin si pemakai atau sebaliknya.

Guna mengetahui kualitas masker, lakukan uji coba menggunakan air. Lipatlah masker sehingga bagian luarnya membentuk corong dan tuangkan air ke dalamnya. Jika masker tersebut asli maka air tidak akan tumpah keluar.

Uji dengan cara dibakar

Lapisan tengah masker seharusnya terbuat dari masker juga, bukan kertas. Oleh karena itu, anda bisa mengecek keaslian masker dengan cara dibakar. Jika filter yang berada di tengah masker terbakar, maka dapat dipastikan masker tersebut palsu.

Populer video

Berita lainnya