Badan Lemas Saat Menstruasi? Simak Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menstruasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi sebagian wanita, periode menstruasi merupakan masa-masa yang “sulit” karena beratnya gejala yang muncul. Namun setiap wanita memiliki gejala yang berbeda-beda. Mulai dari kram perut, mood swing hingga badan terasa lemas.

Sebenarnya, badan yang terasa lemas saat haid merupakan kondisi yang umum. Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2019 melaporkan, kelelahan atau fatigue saat haid dialami hampir 90% wanita. Penyebabnya mulai dari dehidrasi, kurang tidur ataupun stres. Nah, melansir laman klikdokter, berikut cara mengatasi badan lemas saat haid.

Konsumsi makanan tinggi zat besi

Zat besi adalah mineral yang membantu untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah. Dengan mengatasi jumlah sel darah yang hilang saat menstruasi, maka keluhan badan lemas pun dapat segera dibereskan. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, sayur bayam, dan hati ayam.

Minum cukup air

Seperti yang dibahas sebelumnya, badan lemas saat menstruasi bisa jadi disebabkan oleh dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, maka kebutuhan air dalam tubuh akan terpenuhi sehingga Anda akan terhindar dari kondisi mudah lelah.

Olahraga dan tidur yang cukup

Olahraga dan tidur dapat membantu mengatasi mood yang berubah saat menstruasi serta badan lemas. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit dalam sehari. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum maupun setelah olahraga agar otot-otot lebih kuat.

Populer video

Berita lainnya