Tips Kembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengembalikan Konsetrasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sulit konsentrasi karena kewalahan dengan pekerjaan yang menumpuk bisa membuat produktivitas Anda menurun. Tak bisa dipungkiri, stres memang membuat kita jadi susah berpikir jernih. Sebab ketika stres, otak jadi lebih cenderung memilih untuk memikirkan masalah-masalah yang ada saat ini ketimbang cara mencari solusi ke depannya.

Alhasil, Anda pun jadi malas untuk berpikir lebih keras soal hal lain, karena merasa akan menyita banyak waktu dan tenaga. Orang yang mengalami kondisi ini umumnya sering nampak kebingungan dan linglung karena fungsi kognitif otak tidak bekerja baik setelah dihujani deadline yang bertubi-tubi di kantor. Melansir laman hellosehat, berikut ini cara mengatasi susah konsentrasi supaya bisa lebih fokus saat bekerja.

Buat meja kerja senyaman mungkin

Coba hias meja kantor dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia atau termotivasi. Misalnya dengan memasang kata-kata inspiratif, atau menaruh beberapa tanaman segar di meja. Suasana kantor yang nyaman bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi dan fokus ketika bekerja. Selain itu, tanaman segar yang ditaruh di dekat meja atau di sekitar ruangan Anda juga bisa membantu mengurangi stres.

Pastikan cukup tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama kenapa Anda sering lemot di kantor. Supaya Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, kamar tidur juga harus nyaman. Pastikan suhu ruang kamar Anda ideal, cat temboknya tidak terlalu mencolok, bebas dari suara bising, hingga kualitas kasur dan sprei yang digunakan baik.

Selain itu, tidurlah dengan lampu gelap dan hindari meletakkan gadget di samping tempat tidur atau di bawah bantal. Sebaliknya, letakkan gadget Anda di tempat yang sulit dijangkau tangan. Minum secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur juga akan menyebabkan Anda lebih rileks ketika tidur.

Rutin lakukan peregangan di sela jam kerja

Kerjaan yang menumpuk bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan peregangan. Luangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan sederhana supaya otot-otot Anda rileks. Hal ini juga efektif membantu mengatasi susah konsentrasi di kantor, lho!

Anda bisa menggerak-gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan supaya sirkulasi darah di area tersebut berjalan lebih lancar.

Asah otak setiap hari

Coba asah kemampuan berpikir Anda dengan hobi baru seperti mengisi teka-teki silang, main catur, menulis, dan lain sebagainya. Intinya, rutin melakukan berbagai hal yang mengharuskan Anda berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar bisa membantu mengasah otak supaya pikiran Anda tetap tajam.

Populer video

Berita lainnya