Ini Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Muaythai
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain melindungi diri dari tindak kejahatan, rutin melakukan olahraga bela diri juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Salah satunya Muay thai, olahraga yang terbilang cukup menantang untuk dilakukan. Tak hanya pria, banyak juga para wanita yang mengikuti kelas olahraga yang satu ini.

Muay thai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Gerakan yang diakukan dalam bela diri ini bisa membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh.

Bahkan, muay thai juga mempunyai dampak yang positif untuk meningkatkan dan membangun stamina, kebugaran, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dilansir dari laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat rutin melakukan olahraga muay thai.

Meningkatkan kekuatan otot kaki

Menendang dan gerakan kaki yang lain merupakan gerakan paling utama dalam seni bela diri muay thai. Roundhouse kick menjadi salah satu gerakan andalan, yang dilakukan dengan menendang berputar membentuk setengah lingkaran menggunakan kaki bagian depan.

Selain mengajarkanbagaimana cara menendang yang baik, gerakan ini juga bisa membantu menguatkan otot tubuh pada bagian bawah. Jika anda rutin melakukannya, kekuatan, daya tahan, dan kelincahan otot kaki serta betis pun akan menjadi lebih baik lagi.

Meningkatkan kelenturan pinggul

Gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut akan membantu melatih kelenturan bagian pinggul. Inilah mengapa tak sedikit wanita yang memilih melakukan olahraga muay thai ketimbang olahraga bela diri lainnya.

Namun, pastikan juga anda melakukan peregangan otot pinggul dan pemanasan sebelum berlatih sehingga terhindar dari risiko cedera. Sesekali, anda bisa melakukan gerakan memijat pada area tersebut untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Membantu menurunkan berat badan

Setiap olahraga yang dilakukan, termasuk muay thai, bisa membantu menurunkan berat badan. Mungkin anda tidak menyadari gerakan dalam bela diri ini membuat hampir semua anggota tubuh bergerak, dan membantu meningkatkan daya tahan pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Sikap seperti gerakan kaki, pukulan, menendang, serangan menggunakan lutut maupun siku yang anda lakukan jika dipadukan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Membantu mengurangi stres

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah berolahraga. Padatnya aktivitas tentu bisa membuat anda merasa sangat lelah dan stres. Nah, anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga muay thai pada malam hari. Tak hanya stres yang berkurang, suasana hati pun akan menjadi lebih baik, sehingga anda bisa tidur malam lebih nyenyak.

Melatih kemampuan berpikir

Ketika bertanding dan menghadapi lawan, anda harus memikirkan strategi yang dipakai untuk menyerang, sekaligus mencari tahu apa rencana yang digunakan lawan. Jadi, rutin berlatih muay thai tanpa disadari akan membantu melatih kecepatan anda dalam berpikir untuk memecahkan permasalahan.

Populer video

Berita lainnya