Kulit Kaki Anda Pecah-Pecah? Atasi dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit kaki pecah-pecah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kaki pecah-pecah kerap dialami pada sebagian orang. Kondisi ini biasanya dapat mengurangi rasa percaya diri, terutama jika pengidapnya harus mengenakan alas kaki yang memperlihatkan bagian tumit. Apalagi retakan kulit yang terlalu dalam saat kaki pecah-pecah terkadang menimbulkan rasa sakit saat anda berjalan.

Ada banyak hal yang bisa memicu kulit kaki pecah-pecah. Semisal sering berjalan tanpa mengenakan alas kaki, atau karena kondisi medis. Lantas bagaimana mengatasinya? Dilansir dari laman halodoc, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly bisa membantu mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit telapak kaki. Namun, proses penyerapan produk ini bisa dibilang cukup lama. Jadi anda bisa mengaplikasikan gel ini sebelum tidur malam, lalu tutup dengan kaos kaki bersih dan diamkan hingga pagi untuk bisa mendapatkan manfaat terbaiknya.

Penuhi asupan cairan tubuh

Asupan cairan tubuh yang tidak terpenuhi tak hanya membuat tenggorokan dan bibir terasa kering. Kulit tubuh pun akan terasa kering, karena kebutuhan air pada lapisan kulit bagian atas yang tidak tercukupi. Ini artinya, anda tidak boleh lupa untuk memenuhi asupan cairan harian tubuh. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas atau dua liter setiap hari.

Hindari mandi menggunakan air panas

Mandi menggunakan air hangat memang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak berendam terlalu lama. Pasalnya, mandi dengan menggunakan air panas bisa memicu kulit menjadi lebih kering dan rusak, sehingga mudah mengalami pecah-pecah. Jika kulit kaki anda rentan mengalami kondisi ini, mandi air panas justru akan membuat kaki pecah-pecah semakin sulit membaik.

Pilih sabun mandi dengan bahan lembut

Supaya kulit kaki yang kering dan pecah-pecah bisa segera pulih, anda perlu menjaga area tersebut tetap dalam kondisi bersih. Di sisi lain, anda juga harus tetap berhati-hati dalam memilih sabun. Sebab, menggunakan sabun dengan bahan kimia yang terlalu keras justru akan semakin mengiritasi kulit yang sudah dalam kondisi kering.

Populer video

Berita lainnya