Tips Memilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Memilh Sabun
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak beragam jenis sabun yang beredar di pasaran. Namun tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan jika salah memilih, justru akan menjadi masalah bagi kulit anda. Oleh karena itu, kenali lebih dulu kulit anda sebelum membeli sabun. Dilansir dari laman klikdokter, berikut panduan dalam memilih sabun berdasarkan jenis kulit.

Kulit kering

Kulit kering ditandai adanya sisik halus, atau rasa kencang seperti tertarik pada kulit setelah mandi. Terkadang bisa sampai menimbulkan rasa gatal. Agar kulit tidak semakin kering, anda
dianjurkan mandi dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung banyak detergen. Dapat juga menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap.

Selain membersihkan kulit, sabun berpelembap akan meninggalkan lapisan pelembap di atas permukaan kulit. Serta tidak menimbulkan rasa kesat setelah dibilas.

Kulit berjerawat

Kulit berjerawat biasanya cenderung berminyak. Gunakan pembersih berbusa (foamy) yang bersifat oil-free, non-comedogenic, dan mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi jerawat. Membersihkan tubuh atau wajah dapat dilakukan 2-3 kali sehari.

Kulit sensitif

Kulit sensitif mudah iritasi atau memerah. Maka dari itu, hindari terlalu sering bersentuhan dengan sabun. Dengan aktivitas sehari-hari yang terbilang tidak ekstrim, membersihkan kulit satu kali sehari cukup.

Selain itu, jangan menggunakan produk pembersih yang mengandung pewangi atau alkohol, agar kulit sensitif tetap terjaga kesehatannya. Penggunaan sabun berpelembap dianjurkan, karena dapat meningkatkan ‘pertahanan’ pada kulit yang sensitif.

Populer video

Berita lainnya