Ketahui Manfaat Vitamin E untuk Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Manfaat vitamin E untuk wanita bukan hanya sebatas menjaga kesehatan kulit. Ada banyak manfaat yang didapat dengan mengonsumsi vitamin E, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin tersebut.

Manfaat dari vitamin E tak lepas dari perannya sebagai antioksidan. Sementara wanita dewasa butuh asupan vitamin E harian sebanyak 15 mg. Kebutuhannya bisa meningkat menjadi 19 mg per hari ketika wanita sedang menyusui.

Sementara pada beberapa orang yang memiliki gangguan penyerapan, seperti fibrosis mistik, pemberian suplemen vitamin E bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian. Melansir laman Alodokter, berikut ini manfaat vitamin E bagi perempuan.

Mengurangi nyeri haid

Sebagian wanita sering mengeluhkan nyeri perut menjelang menstruasi. Nah, salah satu cara alami untuk meredakan nyeri haid adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, seperti bayam dan kacang-kacangan.

Vitamin E diketahui dapat membantu meredakan peradangan, sehingga diyakini berperan untuk mengurangi nyeri haid. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin E  bisa mengurangi kram dan nyeri panggul saat haid.

Menjaga kesehatan rambut

Rambut membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tidak mudah rusak dan tetap berkilau.

Selain itu, vitamin E juga bisa meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Hal inilah yang membuat rambut tidak mudah patah, sehingga mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut agar tumbuh lebih lebat.

Memelihara kesehatan kulit

Vitamin E mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit merah, kering, dan rusak. Bahkan, mencukupi vitamin ini juga bisa mencegah keriput dan melembapkan kulit.

Meningkatkan peluang kehamilan

Bagi perempuan yang sedang mencoba untuk hamil, mencukupi kebutuhan harian vitamin E sangatlah penting. Sebab, vitamin ini diketahui bisa menjaga kualitas sel telur. Dengan kualitas sel telur yang baik diharapkan hasil pembuahan dan perkembangan janin nantinya juga akan baik.

Selain itu, sifat antioksidan vitamin E mampu menjaga kesehatan organ intim dari efek paparan radikal bebas yang juga berpotensi menyebabkan gangguan kesuburan.

Mencegah infeksi

Memenuhi kebutuhan vitamin E harian bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Bonusnya, sistem imun tubuh bisa lebih kuat, termasuk mengatasi dan menangkal penyakit infeksi.

Populer video

Berita lainnya