Eminem Digugat Oleh Perundung Masa Kecilnya

pic by: google.com

Dahulu kala, penindasan dirahasiakan dan anak-anak yang menjadi korbannya menyimpan kesedihan dan keputusasaan mereka sendiri. Orang tua tidak akan tahu bahwa anak mereka menderita sampai anak-anak mereka melewati masa penindasan atau sudah terlambat.

Eminem, yang bernama asli Marshall Mathers, adalah salah satu anak yang dilecehkan dan ditindas selama masa remajanya. Tidak seperti banyak korban lainnya, ia memiliki jalan keluar melalui musiknya yang memungkinkannya untuk mengeluarkan lirik terapeutik tentang pengalaman itu — tetapi jalan keluarnya pada akhirnya menjadi bumerang.

Eminem dituntut oleh mantan penindasnya setelah ia menyebut namanya dalam sebuah lagu.

Dalam bait kedua lagunya tahun 1999, Brain Damage, dari The Slim Shady LP, Eminem menceritakan kejadian-kejadian memilukan di masa kecilnya. Liriknya saja sudah cukup untuk membuat Anda berempati dengannya dan pelecehan yang dideritanya. Dia menyanyikan rap:

“Jauh sebelum putri kecilku Hailey, aku diganggu setiap hari oleh anak gendut bernama D’Angelo Bailey, Anak kelas delapan yang bertingkah menyebalkan, karena ayahnya suka mengotak-atik, Jadi setiap hari dia memasukkanku ke loker”

Lagu tersebut terus menggambarkan penindasan kejam yang Eminem alami, menyebutkan pemukulan yang membuatnya berdarah dan hidungnya patah setelah Bailey diduga memukulnya ke urinoir berulang kali. Penindasan itu begitu parah hingga ibunya, Deborah, menggugat sistem Sekolah Detroit karena gagal melindungi putranya. Setelah merilis ‘Brain Damage,’ D’Angelo Bailey mengaku telah menindas Eminem.

Dalam wawancara tahun 1999 dengan majalah Rolling Stone, Bailey berkata, “Dulu ada sekelompok dari kami yang mengganggunya. Kau tahu, hal-hal yang biasa dilakukan orang yang suka menindas. Kami menendangnya tepat di kepalanya saat istirahat. Saat kami tidak melihatnya bergerak, kami langsung lari. Kami berbohong dan mengatakan dia terpeleset di atas es.”

Meskipun Bailey telah mengakui melakukan persis apa yang dituduhkan kepadanya, dua tahun setelah pengakuannya, dia menggugat rapper tersebut sebesar $1.000.000. Dalam gugatan tersebut, Bailey menuduh bahwa kisah perundungan itu dibuat-buat agar Eminem mendapatkan kredibilitas dalam dunia rap.

Dalam gugatan tersebut, pengacaranya mengatakan, “Eminem adalah pria Kaukasia yang menghadapi kritik dalam industri musik bahwa dia tidak mengalami keadaan sulit saat tumbuh dewasa dan karena itu dia adalah seorang ‘penipu’ dalam industri tersebut.”

“Eminem menggunakan Bailey, teman sekolahnya yang merupakan orang Afrika-Amerika saat kecil, sebagai pion dalam upayanya untuk membendung gelombang kritik.”

Pada akhir tahun 2003, Hakim Deborah Servitto dari Pengadilan Sirkuit Macomb County memutuskan bahwa Eminem tidak menyebabkan kerugian apa pun kepada Bailey atau memfitnahnya ketika dia mencantumkan namanya dalam lirik lagunya.

Populer video

Berita lainnya