7 Tips untuk mempersiapkan anak-anak berpuasa

pic by: canva.com

Salah satu tujuan utamanya adalah membiasakan mereka berpuasa saat mereka siap karena puasa merupakan salah satu rukun Islam. Bahwa membiasakan anak-anak berpuasa bukanlah pengalaman yang tidak menyenangkan. Kita tidak perlu memaksa mereka untuk berpuasa karena mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa dan ketika mereka sudah cukup umur untuk berpuasa, mereka seharusnya sudah siap saat itu tanpa perlu dipaksa, insyaAllah.

Cara membiasakan anak-anak berpuasa

Pada kenyataannya, membiasakan anak-anak berpuasa tidak sama dengan mengajak orang dewasa yang belum pernah berpuasa seumur hidup mereka. Hal ini memerlukan sedikit usaha dari pihak kita. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan mereka berpuasa di bulan Ramadan ini insyaAllah!

#1 Pastikan mereka siap secara fisik untuk berpuasa

Sebelum melakukan hal lain, kita harus memastikan bahwa mereka siap secara fisik dengan memastikan bahwa mereka sehat dan bugar. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa setiap anak berbeda-beda. Ada yang siap pada usia 4 tahun, sementara ada yang baru ingin mulai berpuasa pada usia 6 tahun. Semuanya tergantung dan terserah Anda sebagai orang tua untuk mengevaluasi apa yang terbaik bagi anak Anda.

#2 Persiapkan mereka secara mental

Menjelaskan kepada mereka mengapa kita harus berpuasa sebagai umat Muslim tidaklah rumit. Beginilah cara Anda menjelaskan kepada anak-anak Anda: Allah memerintahkan kita untuk melakukannya seperti yang Dia perintahkan kepada kita dalam Al-Qur’an. Buka mushaf dan tunjukkan ayatnya, bacakan kepada mereka dan jelaskan artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa.” [QS. Al-Baqarah ayat 183]

Mengapa Allah memerintahkan kita untuk berpuasa? “Agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa”

Saat kita berpuasa, kita melatih diri untuk lebih menyadari bahwa Allah sedang mengawasi kita. Padahal, tidak seorang pun akan tahu jika kita bersembunyi di kamar dan mencuri makanan untuk dimakan. Dan kita bisa keluar lagi untuk berpura-pura berpuasa. Namun, kita tidak melakukannya karena kita tahu bahwa Allah sedang mengawasi kita. Itulah taqwa.

#3 Mengalihkan perhatian mereka

Para sahabat biasa membuat mainan dan membawa serta anak-anak mereka ke masjid agar mereka bisa melupakan rasa lapar mereka. Kita juga harus berupaya mengisi waktu anak-anak kita dengan berbagai kegiatan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengajak mereka ke masjid, bermain bersama, mengatur jadwal bermain, membaca buku, dan lain-lain.

Selain itu, kita tidak boleh mengatur kegiatan yang akan membuat mereka terlalu lelah, seperti kegiatan fisik yang dapat menguras energi mereka dengan cepat. Hal ini dapat membuat mereka semakin haus dan akan menggagalkan tujuan utama.

#4 Berikan penguatan positif

Dorongan dan hadiah fisik dapat menjadi motivasi yang hebat bagi anak-anak. Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan makanan kesukaan mereka untuk berbuka puasa, membelikan mereka sesuatu yang istimewa, atau sekadar memuji mereka.

#5 Bicarakan tentang keutamaan puasa dan Ramadan

Sebagai orang dewasa, kita sudah tahu betapa istimewanya Ramadan. Anak-anak belum mengetahuinya dan tugas kitalah untuk memberi tahu mereka alasannya sehingga mereka akan bersemangat untuk Ramadan. Berikut ini beberapa keutamaan puasa dan Ramadan yang dapat Anda bagikan kepada anak-anak Anda

#6 Makan makanan yang baik untuk sahur/sahur

Pastikan anak-anak Anda bangun untuk sahur agar mereka memiliki energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Berikut ini beberapa ide resep makanan sehat yang dapat menginspirasi Anda!

#7 Berdoa

Terakhir, kiat terpenting adalah berdoa. Para pendahulu kita yang saleh (yaitu 3 generasi pertama setelah masa Nabi Muhammad (SAW) biasa berdoa kepada Allah agar Dia membantu mereka dalam melakukan amal saleh. Oleh karena itu, kita juga harus melakukan hal yang sama dalam melatih anak-anak kita untuk berpuasa.

Mari kita berdoa agar Allah memudahkan kita dan anak-anak kita untuk memanfaatkan Ramadan ini sebaik-baiknya. Bagikan di kolom komentar di bawah ini tentang bagaimana Anda mempersiapkan anak-anak Anda untuk Ramadan!

Populer video

Berita lainnya