5 Tanda Bahwa Pekerjaan Anda Saat Ini Tidak Cocok

pic by: canva.com

Jika berbicara tentang pekerjaan yang tidak menyenangkan, tanda-tandanya bisa sangat jelas, seperti manajer yang mengirim email sepanjang malam atau bos yang bersikeras bahwa perusahaan itu seperti keluarga. Meskipun tanda-tanda tersebut jelas, sebagian besar dari hampir 50% karyawan yang ingin berhenti dari pekerjaan mereka tahun ini mengalami tanda-tanda ketidakpuasan kerja yang lebih halus.

Tidak semua tempat kerja yang buruk benar-benar tidak menyenangkan, namun terkadang, mudah untuk mengabaikan tanda-tanda yang lebih halus bahwa suatu pekerjaan tidak lagi cocok untuk Anda. Berikut adalah 5 tanda bahwa pekerjaan Anda saat ini tidak cocok untuk Anda, menurut seorang pakar karier:

1. Nilai-nilai Anda tidak sejalan dengan nilai-nilai perusahaan

Pelatih karier Sam DeMase membagikan tanda-tanda yang tidak terlalu jelas bahwa suatu pekerjaan mungkin tidak cocok untuk Anda, seperti ketika nilai-nilai Anda dan nilai-nilai perusahaan tidak selaras.

Banyak pekerja memfokuskan karier mereka pada cita-cita politik mereka. Bahkan jika Anda memilih untuk tidak melakukannya, Anda tetap ingin merasa diterima oleh budaya perusahaan. Seperti yang dijelaskan DeMase, “Sulit untuk berusaha dan mempertahankan moral positif di organisasi yang pada dasarnya tidak sejalan dengan Anda.”

Ketika kompas moral Anda bergerak ke arah yang berbeda dari tujuan perusahaan Anda, mungkin sudah waktunya untuk mencari posisi yang lebih cocok untuk Anda.

2. Jadwal harian Anda tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan Anda

DeMase mencatat bahwa situasi ini umum terjadi di banyak tempat kerja, tetapi itu tidak berarti Anda harus menerimanya. Dia menggambarkan langkah ini sebagai “umpan dan ganti,” dengan mengatakan, “Jika Anda tidak cocok untuk tugas yang Anda lakukan, Anda akan mulai membenci pekerjaan itu.”

Idealnya, pekerjaan Anda seharusnya memungkinkan Anda menggunakan keahlian unik Anda, dan jika jadwal Anda tidak memungkinkan Anda untuk melatih keterampilan tersebut, kemungkinan Anda akan kelelahan tinggi.

3. Anda takut mengungkapkan pendapat Anda

Jika Anda menyadari bahwa pimpinan menutup diri saat Anda mengajukan pertanyaan atau memberikan saran, itu pertanda bahwa mereka tidak menghargai pendapat Anda. Itu juga bisa menjadi pertanda bahwa organisasi tidak bersedia menerima ide-ide baru atau menerapkan perubahan saat dibutuhkan.

Ide-ide Anda layak didengar. Daripada mengecilkan diri agar sesuai dengan batasan yang ditetapkan perusahaan, Anda mungkin akan mendapat manfaat dari mencari posisi yang ingin mendengar suara Anda.

4. Ada lebih banyak konflik daripada kolaborasi

“Ketika konflik menjadi ekspektasi standar yang diterima, bukan kolaborasi, Anda telah mencapai jalan buntu,” jelas DeMase.

Jika prosedur operasi normal di antara karyawan lebih condong ke arah konflik daripada bekerja sama, itu pertanda halus bahwa tempat kerja Anda mungkin sebenarnya bukan lingkungan yang positif.

DeMase melanjutkan dengan mengatakan bahwa tempat kerja yang lebih mendukung memang ada, meskipun butuh sedikit usaha ekstra untuk menemukannya.

5. Anda telah melupakan kekuatan Anda

Setiap pekerja memiliki kekuatan dan titik pertumbuhan, dan Anda harus dapat menonjolkan apa yang Anda kuasai dalam pekerjaan.

Berganti pekerjaan mungkin tidak mudah, tetapi bisa menjadi jalan yang tepat, terutama jika Anda merasa tidak puas atau tidak dihargai dalam peran Anda saat ini.

Populer video

Berita lainnya