Solusi Mengatasi Otot Kaku Saat Bangun Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Otot Kaku
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Alih-alih menginginkan kondisi yang segar, tak sedikit yang justru mengalami nyeri otot ketika bangun tidur. Kesalahan posisi tidur, gangguan kualitas tidur, dan beberapa penyakit dapat menyebabkan keluhan otot kaku saat bangun tidur. Jika Anda sering mengalami badan kaku setelah bangun tidur, jangan khawatir karena kondisi tersebut bisa diatasi. Melansir laman klikdokter, berikut cara mengatasi badan kaku saat bangun tidur.

Lakukan peregangan otot

Otot kaku paling sering terjadi di bagian leher, pinggang, betis, dan telapak kaki. Kondisi ini terjadi karena Anda kurang melakukan peregangan otot. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan peregangan otot sebelum tidur. Tindakan ini terbukti dapat mengurangi badan kaku saat bangun tidur di pagi hari secara signifikan.

Peregangan dapat dilakukan pada seluruh kelompok otot dengan menarik otot hingga meregang maksimal. Durasi yang dianjurkan adalah 10 detik dan diulang sebanyak 3 kali. Anda juga dapat melakukan peregangan di tengah waktu bekerja, misalnya setelah duduk dalam posisi yang sama untuk waktu lama.

Olahraga teratur

Orang yang jarang berolahraga cenderung mengalami badan kaku saat bangun tidur. Salah satu cara mengatasi badan kaku yang dapat Anda lakukan adalah berolahraga jogging, bersepeda, atau berenang. Anda bisa berolahraga di pagi hari, atau pada waktu luang Anda. Durasi yang dianjurkan adalah 3-4 jam dalam 1 minggu.

Penuhi kebutuhan elektrolit tubuh

Berbagai elektrolit dan kalsium diperlukan untuk kerja otot yang optimal. Jika tidak ditangani dengan serius, gangguan elektrolit dapat menyebabkan keluhan otot. Agar terhindar dari otot kaku saat bangun tidur, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan Anda minum 8 gelas air sehari.
  • Pastikan menu sehari-hari Anda terdiri dari berbagai makanan bergizi seimbang.
  • Lakukan pemeriksaan darah untuk memastikan kadar elektrolit dan kalsium.

Perhatikan alas tidur anda

Alas tidur yang tidak tepat membuat titik tumpuan beban tubuh saat tidur menjadi tidak beraturan. Hal ini dapat menimbulkan badan kaku saat bangun tidur maupun nyeri otot yang mengganggu. Solusinya dengan memastikan alas tidur yang digunakan tidak terlalu keras atau terlalu empuk. Dengan begitu, alas tersebut dapat menopang tubuh Anda dengan optimal.

Perhatikan kesehatan pikiran

Gangguan cemas bisa menyebabkan keluhan nyeri otot. Begitu pula dengan gangguan panik. Penanganan gangguan cemas atau panik diperlukan untuk meredakan gejala. Selain itu, olahraga, yoga, dan pijat dapat meredakan kekakuan dengan meningkatkan aliran darah ke otot Anda.

Populer video

Berita lainnya