Cara Meninggalkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda mungkin mendapati beberapa orang yang suka menggigit kukunya, atau mungkin juga temasuk anda? Banyak orang memiliki kebiasaan ini di masa kanak-kanak. Namun ada kalanya menggigit kuku menjadi kebiasaan yang terus terbawa hingga usia anda dewasa.

Kebiasaan yang memiliki sebutan onychophagia itu memang terlihat tidak berbahaya. Namun sebenarnya terdapat pula dampak yang akan dirasa karena aktivitas tersebut. Inilah beberapa alasan mengapa orang menggigit kuku, serta cara untuk menghilangkan kebiasaan itu seperti dilansir dari Times of India.

Mengapa orang menggigit kuku?

Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa orang menggigiti kukunya. Tetapi ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab hal itu dilakukan, yakni:

  • Ketika anda merasa frustrasi, bosan, atau tidak sabar, menggigit kuku bisa menjadi cara mudah untuk membuat diri anda sibuk.
  • Ketika anda melakukan sesuatu dengan konsentrasi penuh, anda mungkin tidak menyadari sedang menggigit kuku saat itu.
  • Menggigit kuku dapat meredakan kegugupan dan kecemasan untuk sementara waktu.
  • Dalam beberapa kasus, kebiasaan tersebut dapat menjadi gejala dari kondisi kesehatan mental seperti ADHD, gangguan depresi, OCD dan gangguan kecemasan.

Mengapa anda perlu menghentikan kebiasaan itu?

Menggigit kuku sering kali dapat merusak kutikula dan jaringan di sekitarnya. Meski tidak ada kerusakan jangka panjang, anda mungkin akan mengalami sedikit rasa sakit di sekitar kuku. Selain itu, kuku anda mulai terlihat tidak normal dan anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur, karena bakteri yang berpindah dari jari ke mulut Anda. Menelan kuku yang tergigit juga dapat membuat anda berisiko terkena infeksi lambung dan usus.

Cara berhenti menggigiti kuku anda

Anda perlu ingat, melepaskan suatu kebiasaan membutuhkan waktu. Jika anda telah mencoba berhenti menggigit kuku dan tidak berhasil, anda harus sabar. Inilah yang bisa anda coba lakukan;

Rajin potong kuku
Luangkan waktu anda untuk merawat kuku, sehingga anda tidak akan tergoda untuk menggigitnya. Anda juga bisa melakukan perawatan kuku di salon. Sebab, dengan mengeluarkan uang untuk merawat kuku, anda tidak ingin menggigitnya.

Pakai cat kuku
Kebanyakan cat kuku rasanya pahit. Saat kuku terlapisi cat dan tanpa sadar memasukannya ke dalam mulut, anda akan merasa tidak nyaman dan tidak ingin melakukannya lagi.

Memakai sarung tangan
Mungkin terdengar konyol, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Anda bisa memakai sarung tangan katun agar tidak bisa menggigit kuku.

Cari tahu apa yang membuat anda melakukannya
Cari tahu apa yang membuat anda menggigit kuku. Dengan begitu ada dapat dengan mudah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Ubah kebiasaan
Anda bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet. Anda juga bisa menyibukkan diri dengan bola stres atau magnet gelisah.

Sabar
Terakhir, anda harus sabar. Jangan berharap anda akan mengubah kebiasaan itu dalam satu atau dua hari. Sama seperti halnya membentuk kebiasaan baik, melepaskan kebiasaan buruk juga membutuhkan waktu.

Populer video

Berita lainnya