Sejarah Hari Kebaya Nasional, Menggali Warisan Budaya

Pict by Instagram

Apakah kamu tahu ada Hari Kebaya Nasional? Seperti peringatan lain, Hari Kebaya Nasional punya sejarah dan cara peringatan sendiri. Dikutip dari laman resmi Kongres Wanita Indonesia, Hari Kebaya Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juli. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Ide awal peringatan ini berasal dari Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyetujui ide ini. Tujuannya adalah menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat, terutama perempuan. Kebaya dianggap tidak bersifat kedaerahan dan ada di seluruh nusantara. Kebaya mudah didapatkan, mudah dirawat, terjangkau, dan bisa dimiliki semua lapisan masyarakat. Kebaya juga mengandung estetika dan etika dalam berbusana.

Rapat Koordinasi Pengusulan Hari Kebaya Nasional diadakan secara daring pada 3 Juni 2021. Rapat ini dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Nyoman Shuida, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, serta perwakilan Kemendikbud Ristek, Kemensetneg, pakar kebudayaan, dan Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia.

Untuk menetapkan Hari Kebaya Nasional diperlukan beberapa tahapan. Tahapan ini mencakup kajian ilmiah dan menentukan pihak yang akan menjadi pemrakarsa. Koordinasi yang matang diperlukan dari Tim Nasional yang terdiri dari perwakilan komunitas, tokoh nasional, budayawan, akademisi, dan masyarakat. Setelah itu, usulan diajukan kepada Presiden RI.

Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau Kebaya Foundation juga berperan penting. Mereka ingin memperkenalkan kebaya sebagai jati diri perempuan Indonesia. Mereka mendorong pemerintah menetapkan Hari Kebaya Nasional, mendorong UNESCO untuk menetapkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dunia, dan memberikan literasi tentang filosofi kebaya serta perilaku sosial perempuan Indonesia.

Kerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menghasilkan Kirab Prajurit Keraton dan parade Kebaya Nusantara di Kota Solo pada 4 Juni 2022. Tujuan acara ini adalah sosialisasi penggunaan kebaya sebagai warisan budaya Indonesia. Masyarakat diharapkan lebih sadar dan terus melestarikan kebaya sebagai busana nasional.

Upaya berbagai pihak mengajukan usulan Hari Kebaya Nasional kepada Presiden RI akhirnya membuahkan hasil. Hari Kebaya Nasional resmi ditetapkan pada tahun 2023.

Hari Kebaya Nasional bukan sekadar peringatan, tetapi juga upaya melestarikan dan menghargai kebaya sebagai warisan budaya. Dengan semangat nasionalisme, kita bisa memperingati Hari Kebaya Nasional dengan penuh kebanggaan dan cinta pada budaya Indonesia.

Populer video

Berita lainnya