Cari Informasi Kebiasaan Sehat dengan Metode L.E.A.N

pic by: canva.com

Hal ini bisa sangat membingungkan anda sebagai konsumen dan menyulitkan untuk mengetahui informasi mana yang “benar” dan kebiasaan sehat mana yang paling penting.

Namun ada pendekatan sederhana yang dapat anda gunakan untuk mempelajari cara menjadi sehat dan mengubah hidup anda, dan metode tersebut merupakan akronim yang disebut “L.E.A.N.”

Berikut 10 cara memfokuskan pada akronim L.E.A.N. (Lifestyle, Exercise, Atittude, Nutrition) dapat membantu anda membentuk kebiasaan baik dan mempelajari cara menjalani gaya hidup sehat.

1. Baca label makanan.

Jangan terjebak saat mencoba memahami setiap bahan. Sebaliknya, fokuslah untuk menghindari sirup jagung fruktosa tinggi, minyak terhidrogenasi, dan pewarna buatan. Jika salah satu dari bahan ini tercantum pada label, carilah pilihan yang lebih sehat.

2. Belajar mengenal MSG.

Monosodium glutamat, atau MSG, adalah penambah rasa yang digunakan dalam makanan kemasan yang sensitif bagi sebagian orang. MSG tercantum pada label makanan dengan berbagai nama termasuk “pati makanan termodifikasi” dan “barley malt.”

3. Kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Daripada menghitung kalori, lemak, dll. dan mengkhawatirkan berapa banyak yang anda makan, fokuslah pada mengonsumsi makanan berkualitas yang ditanam dan organik, bukan diproduksi. Makanan ini secara alami tinggi serat dan protein serta rendah gula dan minyak terhidrogenasi.

4. Makan dengan penuh perhatian.

Jangan menyalakan TV ketika anda duduk untuk makan; dan cobalah untuk menghindari makan di dalam mobil. Gunakan waktu makan sebagai cara untuk terhubung dengan diri sendiri dan keluarga. Makan dengan penuh kesadaran adalah saat anda fokus pada makanan yang anda konsumsi, dibandingkan makan dengan gangguan lain seperti TV, komputer, dan telepon.

5. Pergi memancing!

Sertakan lebih banyak ikan tangkapan liar ke dalam makanan anda, terutama salmon tangkapan liar. Ikan memiliki kadar lemak omega-3 yang tinggi, yang penting untuk kesehatan otak. Anda juga bisa menikmati tuna, halibut, lele, rainbow trout, cod, teri, dan sarden.

6. Tetap terhidrasi.

Mulailah hari anda dengan banyak minum air putih. Cobalah untuk menghindari minuman yang diberi pemanis atau pewarna buatan dan pilihlah air putih sebagai gantinya.

7. Menjadi penikmat sayur.

Makan dalam porsi kecil atau camilan lebih sering sepanjang hari akan membantu pencernaan dan pengendalian berat badan. Pikirkan kacang-kacangan, smoothie, buah-buahan, dan sayuran.

8. Carilah seorang teman.

Memulai kebiasaan sehat (dan mempertahankannya!) akan lebih mudah jika anda memiliki pasangan atau teman yang dapat berbagi perjalanan dengan anda. Mintalah dukungan dari teman atau anggota keluarga untuk akuntabilitas tambahan.

9. Manjakan diri anda.

Perawatan diri lebih dari sekedar makan makanan yang tepat. Ini juga tentang menjadwalkan “waktu saya”, dan dapat mencakup hal-hal seperti dipijat, berjalan-jalan santai, atau menjadwalkan hari spa. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang anda sukai!

10. Bersikaplah realistis.

Seperti kata pepatah, “Roma tidak dibangun dalam sehari!” Mulailah dengan beberapa perubahan pada awalnya dan secara bertahap terapkan kebiasaan yang lebih sehat seiring berjalannya waktu.

Tujuannya adalah untuk menyelaraskan tubuh fisik, mental, dan emosional anda. Hal ini dapat terjadi melalui perubahan gaya hidup, olahraga teratur, perubahan sikap, dan makanan sehat yang anda pilih untuk dikonsumsi.

Populer video

Berita lainnya

Detox Sosmed, Mulai dengan Panduan Sederhana Ini

Detox Sosmed, Mulai dengan Panduan Sederhana Ini

Lebih Memilih Skincare? Inilah Pentingnya Bagi Perempuan yang Sering Lupa Merawat Motor

Lebih Memilih Skincare? Inilah Pentingnya Bagi Perempuan yang Sering Lupa

5 Hukum Rahasia Sugestibilitas yang Memperkuat Hubungan Apa Pun

5 Hukum Rahasia Sugestibilitas yang Memperkuat Hubungan Apa Pun

Ini Jenis Sayuran yang Berkalsium Tinggi, Bisa Jadi Alternatif Susu

Ini Jenis Sayuran yang Berkalsium Tinggi, Bisa Jadi Alternatif Susu

Bikin Bisnis Kulinermu Jadi Hits? Ini Dia Tips Membangun Brand yang Kekinian

Bikin Bisnis Kulinermu Jadi Hits? Ini Dia Tips Membangun Brand

Melangkah ke Masa Depan Ramah Lingkungan, Mengungkap Keunggulan dan Kelebihan Motor Listrik

Melangkah ke Masa Depan Ramah Lingkungan, Mengungkap Keunggulan dan Kelebihan

Timnas Palestina Tahan Imbang Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Palestina Tahan Imbang Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia

Mengenal Lebih Dekat Liliyana Natsir, Atlet Bulu Tangkis Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Liliyana Natsir, Atlet Bulu Tangkis Indonesia

Hasil Liga Inggris, Aston Villa Menang, Everton Tumbang Dramatis

Hasil Liga Inggris, Aston Villa Menang, Everton Tumbang Dramatis

Dari Gloomy ke Semangat, Cara Memulihkan Perasaan dan Menemukan Kembali Keceriaan

Dari Gloomy ke Semangat, Cara Memulihkan Perasaan dan Menemukan Kembali