Simak Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bentuk Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tipe kulit berminyak adalah jenis kulit yang kelenjar minyaknya memproduksi minyak alami atau sebum secara berlebih. Karenanya tak sedikit orang yang memiliki jenis kulit ini berusaha mencari cara untuk menghilangkan minyak di wajahnya.

Sebenarnya kulit membutuhkan minyak alami untuk melembapkan. Namun jika produksinya terlalu berlebihan, risiko yang dapat dialami seperti penyumbatan pori-pori, kulit kusam, komedo, hingga jerawat.

Alih-alih mencari cara menghilangkan minyak di wajah, penangannya harus tepat. Jika tidak, kulit justru menjadi kering, iritasi, bahkan bisa rentan mengalami jerawat. Melansir laman sehatQ, berikut cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Anda coba.

Rutin mencuci muka

Cucilah mencuci muka rutin dua kali sehari pada pagi dan malam hari, termasuk setelah menggunakan make-up. Hindari penggunaan sabun cuci muka mengandung bahan kimia yang kasar di kulit karena bisa memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak. Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan ringan dan lembut saat membersihkan wajah.

Pakai astringent

Astringent sebenarnya hampir sama dengan toner wajah. Namun produk ini dibuat khusus untuk kulit berminyak. Astringent bekerja menghilangkan minyak berlebih pada kulit sekaligus mengencangkan pori-pori. Umumnya, astringent mengandung bahan aktif, seperti glycolic acid atau asam salisilat yang juga mampu membersihkan jerawat.

Anda bisa menggunakan astringent dengan cara menuangkannya ke permukaan kapas, lalu usapkan pada seluruh wajah dan leher. Lakukan langkah ini setelah membersihkan wajah, tepatnya sebelum mengoleskan pelembap atau salep jerawat topikal.

Oleskan pelembap

Menggunakan pelembap yang tepat bisa menjadi cara mengurangi minyak di wajah. Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak guna menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya semakin berminyak.

Gunakan sunscreen atau tabir surya

Penggunaan sunscreen bertujuan untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari, seperti keriput dan flek hitam. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembap setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah.

Batasi penggunaan produk mengandung scrub

Membatasi penggunaan produk mengandung scrub secara berlebihan justru akan meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga membuat kulit iritasi.

Gunakan produk berbahan dasar air dan bebas minyak

Pilihlah produk perawatan kulit, seperti pelembap, sunscreen, dan make up yang berlabel bebas minyak atau oil free serta noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Selain itu, pilihlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air yang cenderung ringan.

Gunakan blotting paper atau kertas wajah

Blotting paper atau kertas wajah dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Untuk menggunakannya, jangan sapukan atau menggosok kertas ini di seluruh wajah. Tetapi menempelkannya pada area wajah yang berminyak, seperti hidung, dagu, atau dahi.

Pakai clay mask

Penggunaan masker lumpur dapat membantu mengeluarkan minyak dan membersihkan pori-pori. Untuk mencegah kulit kering, sebaiknya gunakan masker lumpur setiap seminggu sekali.

Populer video

Berita lainnya