Tips Mencari Topik Obrolan yang Seru dan Menarik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Hubungan Harmonis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Terlibat topik pembicaraan yang seru dengan seseorang itu memang menyenangkan. Hal itu berlaku ketika bersama pasangan, teman, atau orang asing sekalipun. Namun tak sedikit yang bingung memilih ide obrolan, sehingga pertemuan pun terasa garing. Padahal mencari topik pembicaraan tidak terlalu sulit, lho.

Tidak perlu ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. Sebagai solusinya, berikut adalah beberapa topik obrolan seru yang direkomendasikan sesuai dengan lawan bicara seperti dilansir dari laman sehatQ.

Kondisi sekitar

Anda bisa membahas kondisi lingkungan sekitar sebagai cara mencari topik pembicaraan yang menarik dengan orang lain. Contohnya tentang kondisi jalan yang macet. Topik tersebuts cukup menarik untuk dibicarakan dan bisa membuat percakapan Anda menjadi lebih panjang.

Cuaca

Topik pembicaraan tentang cuaca adalah salah satu yang paling populer. Meskipun terkesan membosankan, setidaknya ini adalah bahan obrolan netral yang bisa didiskusikan semua orang dari berbagai latar belakang.

Asal dan tujuan

Jika Anda sedang menaiki kendaraan umum sendirian, seperti kereta api atau bus, rasa kesepian bisa saja menghampiri jika tidak ada lawan bicara. Nah, tidak ada salahnya mengajak bicara orang yang duduk di sebelah Anda. Mulailah tersenyum ramah, kemudian tanyakan asal dan tujuannya. Pastikan tutur kata Anda sopan santun dan tidak mengganggu.

Kabar atau kegiatan

Mencari topik pembicaraan dengan teman bisa dimulai dengan menanyakan kabar terkini atau kegiatan yang dilakukannya. Hal tersebut dapat memantik obrolan yang lebih panjang.

Olahraga

Jika mencari topik pembicaran yang menarik seputar olahraga, Anda bisa membahas tentang klub favorit atau pertandingan yang baru berlangsung. Misalnya, Piala Dunia atau Olimpiade yang digemari banyak orang. Namun, hindari membicarakan hal buruk tentang atlet favorit lawan bicara Anda jika kalian berada di sisi yang berseberangan.

Keluarga

Anda bisa membahas dengan teman tentang keluarga. Tanyakan hal-hal netral dan saling menimpali ketika mereka menanyakan hal yang sama. Topik seputar keluarga bisa menjadi cara untuk mengenal lawan bicara lebih jauh. Namun, pastikan untuk tidak menanyakan hal-hal sensitif seputar keluarga.

Membicarakan hal terbaru di media sosial

Topik pembicaraan adalah hal yang penting bagi pasangan. Sebab, hal tersebut dapat membantu mempererat ikatan hubungan. Bahan pembicaraan bisa ditemukan di mana saja, termasuk dari sekitar Anda. Membicarakan hal-hal up-to-date yang sedang hangat diperbincangkan bisa membuat Anda dan pasangan terlibat dalam suasana diskusi yang menyenangkan.

Tanyakan bagaimana harinya

Menanyakan bagaimana harinya juga merupakan tanda kepedulian dan perhatian terhadap pasangan. Topik obrolan sederhana seperti ini membuat seseorang bisa mengungkapkan apa yang berhasil dilakukan dan tidak sepanjang hari. Hal ini dapat memperkuat koneksi dan saling menghibur apabila hari tidak berjalan sesuai harapan.

Rencanakan masa depan

Bagi pasangan yang berencana memasuki jenjang yang lebih serius, cara mencari topik pembicaraan yang menarik bisa juga seputar masa depan. Apa yang akan dilakukan dalam jangka waktu pendek hingga panjang bersama-sama, cita-cita atau impian apa yang masing ingin dikejar, apa yang akan dilakukan ketika sudah masuk ke jenjang yang lebih serius, dan seterusnya.

Bicarakan pengalaman masa lalu

Membicarakan pengalaman masa lalu juga bisa menjadi cara untuk saling mengenal satu sama lain. Bukan sekadar latar belakang sebelum bertemu dengan Anda, bisa juga tentang masa kecil atau cerita seputar keluarga besar. Topik-topik semacam ini lagi-lagi bisa membantu memperkuat koneksi satu dan lainnya.

Saling ungkapkan perasaan

Jika topik pembicaraan sederhana tidak lagi terasa seru, coba saling mengungkapkan perasaan tentang hubungan yang tengah dijalani. Sampaikan apa yang ingin diperbaiki atau harapan dari hubungan ini, atau kemukakan apapun yang masih mengganjal di perasaan.

Populer video

Berita lainnya