Ini Manfaat Social Media Detox

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/silver-android-smartphone-w33-zg-dNL4?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Apakah Anda pengguna aktif media sosial? Berapa akun yang Anda miliki dalam satu jenis media sosial? Dan berapa rentang waktu Anda bertahan melihat media sosial Anda dalam satu hari?

Media sosial sudah bagai teman hidup bagi masyarakat modern saat ini. Memiliki media sosial adalah tuntutan untuk menjalani hidup di dunia digital. Kita bisa mendapatkan berbagai informasi di media sosial. Selain itu, kita juga dapat berbagi informasi apapun, mulai informasi pribadi maupun informasi publik.

Penggunaan media sosial ternyata memiliki dampak tertentu bagi sebagian orang. Rentang waktu berinteraksi di media sosial dan mendapatkan berbagai macam informasi dalam waktu satu hari, membuat banyak orang mengeluhkan kondisi diri mereka. Kecemasan, rasa tidak percaya diri, dan ketakutan tidak jarang muncul akibat menerima informasi dari media sosial. Akibatnya Anda pun tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

Jika Anda merasakan hal-hal di atas, maka Anda perlu melakukan Social Media Detox. Apa itu Social Media Detox?

Social Media Detox adalah aktivitas untuk mengurangi interaksi di media sosial. Dalam hal ini Anda harus memutuskan untuk puasa dari media sosial. Bahkan, Anda harus menghapus aplikasi media sosial Anda di gadget yang Anda miliki selama kurun waktu tertentu.

Melakukan Social Media Detox dapat memberikan manfaat positif bagi Kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Scrolling media sosial sering dilakukan ketika malam hari saat sebelum tidur. Hal ini tentu kurang baik untuk dilakukan. Ini karena perasaan yang ditimbulkan saat membaca atau melihat informasi di media sosial akan membuat Anda sulit untuk tidur dan malah terjaga di malam hari.

  • Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas Anda tentu akan meningkat karena Anda akan punya lebih banyak waktu untuk beraktivitas, menggantikan waktu scrolling media sosial. Hal ini juga dapat meningkatkan fokus Anda jika ingin melakukan sesuatu dan menghasilkan hal yang lebih bermanfaat.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Dengan melakukan detoks media sosial, maka Anda akan terhindar dari perasaan cemas dan takut akibat informasi yang diterima di media sosial. Mental Anda akan lebih terjaga dan Anda dapat melakukan bentuk komunikasi langsung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Populer video

Berita lainnya