Cara Tepat Merawat Kulit Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki kulit sehat menjadi dambaan setiap orang. Namun apa jadinya jika kulit anda cenderung kering, yang terasa kencang setelah mandi. Kulit pun tampak berkerut, kusam, kasar, terkelupas, hingga terasa gatal dan perih. Nah jika kondisinya demikian, anda perlu memperhatikan perawatan yang dilakukan.

Kondisi kulit kering bisa diatasi jika melakukan perawatan dengan benar. Lantas bagaimana caranya? Melansir dari laman klikdokter, berikut ini penjelasan cara merawat dan mengatasi kulit kering dengan tepat.

Jangan Mandi Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Dalam melakukan perawatan kulit kering, anda harus memperhatikan suhu air yang digunakan saat mandi. Anda boleh saja mandi dengan air hangat. Namun, pastikan suhunya tidak terlalu jauh dengan suhu tubuh.

Hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas. Sebab, hal itu dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Selain itu, jangan lupa juga untuk membatasi waktu mandi agar tidak lebih dari 5 sampai 10 menit.

Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering

Menggunakan sabun tertentu bisa menjadi cara untuk mengatasi kulit kering. Bila kulit anda cenderung kering, gunakanlah sabun khusus untuk kulit kering. Biasanya pada sabun tersebut terdapat label moisturizing, atau melembapkan. Sebaiknya gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi atau pewarna khusus karena dapat mengiritasi kulit.

Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit

Cara lain yang tak kalah penting adalah dengan menghindari produk-produk yang dapat merusak kulit. Perlu diingat, penggunaan sabun dan detergen untuk mencuci pakaian dapat mengiritasi kulit. Sabun antibakteri dan mengandung alkohol juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

Hindari Menggunakan Handuk yang Kasar

Setelah mandi, biasanya tubuh dikeringkan dengan handuk. Bila anda pemilik kulit kering, hindari menggunakan handuk berbahan kasar karena dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi.

Selain menggunakan handuk berbahan halus, perawatan kulit kering juga meliputi cara anda mengeringkan tubuh. Pastikan menghindari gerakan menggosok, melainkan tepuk-tepuklah pelan tubuh menggunakan handuk.

Pakai Pelembap

Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, gunakanlah pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Ini dianjurkan, terutama bagi anda yang memiliki kulit wajah kering yang hampir bersisik. Anda bisa memilih pelembap alami yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Keringnya kulit dapat menjadi salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. So, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sekitar 2 liter sehari agar kulit menjadi lembap kembali.

Konsumsi Makanan Penuh Nutrisi

Cara mengatasi kulit kering juga bisa dilakukan dari dalam. Hal ini berkaitan dengan asupan nutrisi Anda sehari-hari. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin E, omega-3, dan seng.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Bagi pemilik kulit kering, anda harus lebih memperhatikan pakaian yang digunakan. Hindari pakaian yang dapat mengiritasi kulit seperti yang berbahan wol. Pilih bahan pakaian yang nyaman seperti katun.

Gunakan Humidifier

Pendingin ruangan dapat membuat kulit Anda lebih mudah kering. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kulit kering jika anda lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC? Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan humidifier. Dengan begitu, kelembapan ruangan tempat Anda sering menghabiskan waktu lebih terjaga.

Gunakan Krim Antiradang

Bila kulit anda iritasi dan mengalami peradangan, gunakanlah krim antiradang setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Populer video

Berita lainnya