Rangkaian Persiapan Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Persiapan Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski Idul Fitri tahun ini masih dalam situasi pandemi, namun semangat untuk menyambut Lebaran gak boleh kendur. Anda masih bisa mepersiapkan Lebaran dengan melakukan tradisi-tradisi unik hingga kebiasaan khusus, yang identik dilakukan jelang Hari Kemenangan.

Ya, ada beberapa persiapan Lebaran yang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Kegiatan biasanya merupakan tradisi-tradisi unik hingga kebiasaan khusus yang identik dengan hari kemenangan. Berikut ini rangkaian persiapan menjelang lebaran yang sebaiknya kamu lakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Membayar zakat fitrah

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam. Jadi jangan sampai uang menghabiskan uang untuk membeli segala keperluan Lebaran, sehingga kehabisan dana untuk menunaikan zakat. Jadi, bayarlah zakat sebelum Hari Raya Idul Fitri, agar bisa disalurkan kepada saudara-saudara Muslim yang kurang beruntung untuk merayakan Lebaran.

Membersihkan dan menata rumah

Sudah menjadi tradisi masyarakat, membersihkan dan menata dekorasi rumah jadi kegiatan yang selalu dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Nah ada baiknya kegiatan itu anda lakukan jauh-jauh hari.

Kamu bisa berbagi tugas dengan anggota keluarga, untuk membersihkan ruangan dan furnitur rumah. Mulai dari mengganti gorden dan taplak meja, membersihkan sofa, mengelap meja, atau mengecat ulang dinding rumah agar terlihat lebih menawan di hari istimewa.

Memasak hidangan lebaran

Memasak hidangan khas lebaran juga menjadi salah satu persiapan lebaran yang enggak boleh dilewatkan. Anda bisa membeli bahan-bahan masakan mulai dari sekarang, sebelum harga kebutuhan pokok melonjak.

Menyiapkan kue lebaran

Persiapan yang satu ini juga tak boleh terlewatkan. Apalagi kalau bukan menyiapkan kue lebaran, seperti aneka kue kering, hingga camilan kekinian. Anda bisa membuat sendiri kue lebaran atau membelinya langsung di toko kue atau melalui online shop.

Mempersiapkan Baju Lebaran

Baju baru seolah menjadi keharusan yang dimiliki menjelang hari lebaran. Tak heran jika mal hingga Tanah Abang selalu ramai beberapa hari jelang Idul Fitri. Padahal di tengah pandemi dimana kerumunan seharusnya dihindari untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Sebenarnya mempersiapkan baju lebaran bukan berarti harus beli baju baru kok. Anda bisa memilih baju terbaik yang ada di lemari, untuk dipakai saat Idul Ftri.

Mencuci Perlengkapan Salat

Mencuci perlengkapan salat juga termasuk salah satu persiapan lebaran yang tak boleh dilewatkan. Cucilah sajadah, mukena, baju koko, sarung, hingga peci yang akan dikenakan untuk salat Ied nanti. Dengan begitu, kamu dan keluarga bisa beribadah dengan nyaman dan dalam keadaan bersih.

Menyediakan THR

Hari Raya Idul Fitri identik dengan tradisi memberikan tunjangan hari raya (THR). Bagi kamu yang sudah bekerja, enggak ada salahnya menyisihkan THR yang kamu peroleh untuk sanak saudara terutama keponakan yang masih kecil. Selain akan membuat mereka bahagia, THR yang kamu bagikan bernilai sedekah dengan pahala yang tinggi.

Populer video

Berita lainnya