Ketahui Manfaat Bulu Tangkis yang Sayang jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Apalagi, olahraga ini cukup mudah dipelajari. Anda hanya perlu memiliki alat dan teman bermain, baik dilakukan di halaman rumah atau lapangan olahraga terdekat. 

Seperti olahraga pada umumnya, bulu tangkis juga dapat memberi sejumlah kesehatan untuk tubuh. Selain itu, olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan mental lantaran mampu membangun ikatan sosial di antara pemain. Melansir laman Halodoc, berikut manfaat olahraga bulu tangkis, jika dilakukan secara rutin.

Baik untuk kebugaran fisik

Bermain bulu tangkis menuntut Anda untuk berlari, menerjang, dan memukul bola. Dengan begitu, Kemungkinan Anda membakar sekitar 450 kalori per jam. Olahraga kardiovaskular ini dapat membantu Anda tetap dalam kondisi prima. Terutama jika kamu mencari alternatif olahraga cross-training yang baik.

Memiliki manfaat psikologis

Bulu tangkis meningkatkan kebugaran fisik, sehingga membantu mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga ini meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman di otak dan mampu meningkatkan suasana hati dan tidur. 

Memperkuat otot

Bermain bulu tangkis dapat membangun dan mengencangkan paha depan, bokong, betis, dan paha belakang. Selain itu, otot inti, otot lengan, dan punggung juga ikut berolahraga. 

Kesehatan sosial

Untuk bermain bulu tangkis, Anda membutuhkan setidaknya satu lawan. Interaksi sosial dari permainan ini menghasilkan perasaan yang positif setelah sesi di lapangan. Terlebih lagi, Keunggulan dari olahraga ini yaitu kamu bisa melakukannya kapan saja. 

Sebab, bermain olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Jika hujan, Anda akan tetap kering. 

Memperkuat fleksibilitas dan otot

Semakin banyak Anda bergerak, maka semakin fleksibel tubuh. Terutama dalam olahraga seperti bulu tangkis yang membutuhkan ayunan dan jangkauan. Selain meningkatkan fleksibilitas, Anda juga mendapatkan kekuatan daya tahan otot. 

Menurunkan berat badan

Manfaat olahraga bulu tangkis selanjutnya adalah membantu mengontrol berat badan karena kualitas pembakaran lemak dan peningkatan metabolisme. Jika dikombinasikan dengan diet yang tepat, maka penurunan berat badan yang optimal dapat dicapai. 

Menurunkan risiko diabetes

Bermain bulutangkis secara rutin bermanfaat dalam menurunkan risiko diabetes atau penyakit gula. Sebab, berkat gerakannya, olahraga ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang pada akhirnya membantu mengurangi risiko penyakit gula. 

Populer video

Berita lainnya