Stres Makin Parah? Periksa Kembali Cara Anda Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stres seringkali membuat kita snewen. Mulai dari hal kecil seperti terjebak macet hingga cekcok dengan pasangan, terkadang membuat kepala serasa mau pecah. Sayangnya, banyak yang orang yang salah menggunakan cara untuk mengatasi stres mereka. Sehingga, rasa stres pun semakin menggila.

Jika kondisi itu tidak segera ditangani, stres berat dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental. Untuk itu, anda harus memilih cara yang tepat untuk menghilangkan stres yang tengah melanda. Salah-salah, yang ada stres malah makin membebani hidup. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini cara mengatasi stres yang sebaiknya dihindari.

Terlalu banyak ngopi

Stres bisa membuat anda susah fokus dan sulit tidur nyenyak. Nah buat mengusir ngantuk sekaligus menggenjot semangat, anda mungkin memilih untuk minum kopi.

Kafein dalam kopi adalah stimulan otak alami yang memang bisa membuat anda lebih melek dan aktif. Sah-sah saja untuk ngopi saat stres. Namun, jangan sampai melebihi asupan kafein per hari. Terlalu banyak minum kopi bisa membuat anda cemas, sulit tidur, dan sakit kepala yang malah memperburuk stres.

Ngemil tanpa henti

Makanan tertentu memang dapat membantu memperbaiki suasana hati. Namun di sisi lain, stres bisa membuat kita makan berlebihan tanpa henti. Jika terus dilakukan, tanpa disadari berat badan anda akan melonjak dan membuat stres bertambah buruk. Selain itu, gejala gula darah tinggi juga dapat menyebabkan stres semakin memburuk.

Minum alkohol dan merokok

Minum minuman beralkohol atau merokok sering mendapat pembelaan sebagai cara mengatasi stres yang manjur. Efek teler dan mengawang yang didapat sehabis minum-minum atau mengisap sebatang rokok dipercaya bisa bantu melupakan masalah yang dihadapi untuk sementara waktu.

Namun itu semua hanya bersifat sementara. Artinya merokok atau minum-minum bukan solusi yang otomatis akan menyelesaikan masalah hingga ke akarnya. Sebab keesokan pagi setelah mabuk-mabukan, efek hangover malah akan membuat anda makin sulit fokus. Terlebih kombinasi rokok dengan alkohol akan semakin besar dampak buruknya bagi kesehatan tubuh.

Berlebihan memanjakan diri

Beberapa orang yang mengalami stres mungkin memilih untuk memanjakan diri sendiri dengan berbelanja baju atau sepatu baru. Ada juga yang memilih langsung melipir ke sasana gym terdekat untuk berolahraga sampai lupa waktu.

Sayangnya cara-cara tersebut termasuk cara mengatasi stres yang salah dan sering kali tidak efektif karena dilakukan secara berlebihan. Anda mungkin jadi menghambur-hamburkan uang tabungan saat berbelanja atau kelelahan akibat berolahraga berlebihan.

Populer video

Berita lainnya