Larangan Berfoto di Rumah Milea dalam Film Dilan 1990

Pict by Instagram

Rumah karakter Milea dalam film Dilan 1990 (2018) menjadi viral setelah film itu tayang. Akibatnya, banyak orang datang ke rumah tersebut hanya untuk mengambil foto. Namun, kini rumah itu menolak untuk difoto. Di depan rumah tersebut, terdapat spanduk bertuliskan “Dilarang berfoto di depan rumah ini.”

Rumah ini berada di daerah Malabar, Lengkong, Bandung. Para pelancong mengenalnya sebagai ‘Rumah Milea.’ Rumah tua ini bergaya kolonial dengan jendela besar dan dinding putih pucat yang mempesona. Dalam film, rumah ini dikisahkan sebagai rumah masa muda Milea di Bandung tahun 1990-an. Namun, rumah tersebut sebenarnya milik salah satu warga Bandung dan termasuk Bangunan Cagar Budaya Golongan B.

Berdasarkan pantauan pada Senin (5/8), rumah dengan arsitektur kolonial itu tampak sepi. Spanduk kuning yang melarang foto masih terbentang di depannya. Salah seorang warga yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa spanduk tersebut dipasang karena warga merasa terganggu.

“Sebetulnya bukan ibunya atau pemiliknya yang memasang tulisan itu. Tapi dari RT atas saran warga sekitar. Warga setempat merasa keberatan karena semakin hari rumahnya semakin ramai dikunjungi. Pengunjung menghalangi jalanan dan menutupi akses gerbang rumah warga,” ujar dia.

Sejak rumah ini viral, banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen di depan rumah. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pemilik rumah dan warga sekitar. Rumah yang awalnya tenang menjadi ramai dan mengganggu aktivitas sehari-hari warga.

Rumah Milea kini menjadi simbol ikonik dari film Dilan 1990. Namun, popularitas ini membawa dampak negatif bagi warga sekitar. Pengunjung yang datang hanya untuk berfoto sering kali tidak memperhatikan ketertiban. Mereka parkir sembarangan, berisik, dan bahkan ada yang merusak tanaman di sekitar rumah.

Untuk mengatasi masalah ini, warga sekitar dan RT setempat sepakat untuk memasang spanduk larangan foto. Harapannya, pengunjung dapat lebih menghargai privasi dan ketenangan warga sekitar. Pengunjung diharapkan memahami bahwa meskipun rumah ini ikonik, ada orang yang tinggal di dalamnya. Mereka berhak atas privasi dan ketenangan di rumah mereka sendiri.

Sebagai penggemar film, kita harus menghormati privasi orang lain. Rumah Milea dalam film Dilan 1990 memang menarik untuk difoto. Namun, menghargai ketertiban dan privasi warga sekitar lebih penting. Mari kita jaga ketertiban dan hormati privasi warga saat mengunjungi tempat-tempat ikonik seperti ini.

Populer video

Berita lainnya