Selain Menghilangkan Bau, Ini Manfaat Tawas untuk Kebersihan Ketiak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ketiak bau
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki ketiak yang bau menjadi momok bagi semua orang. Pasalnya, kondisi itu dapat menurunkan rasa percaya diri ketika bertemu orang lain. Terlebih jika sedang berada di tengah keramaian. Tak dipungkiri, ketiak adalah bagian tubuh yang paling rentan mengeluarkan bau tak sedap serta keringat berlebih.

Selain dengan deodoran, Anda bisa mengandalkan tawas atau alum untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi, bahan ini mudah larut dalam air dan aman bila terkena kulit. Terpenting adalah untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), termasuk merawatan kebersihan ketiak.

Nyatanya bukan hanya menghilangkan bau, tawas juga memberikan sejumlah manfaat untuk ketiak Anda. Melansir laman hellosehat, simak penjelasannya berikut ini.

Membantu memutihkan ketiak yang hitam

Ketiak hitam menjadi salah satu masalah yang dialami sebagian orang. Penyebabnya pun bisa beberapa faktor seperti cara mencukur yang kurang tepat hingga kondisi medis tertentu.

Rutin memakai tawas, dapat menjadi cara Anda untuk mencerahkan atau memutihkan warna kulit di ketiak. Kandungan di dalam batu kristal ini membantu mengangkat minyak, kotoran, serta sel kulit mati sehingga kulit ketiak menjadi lebih cerah.

Menghaluskan kulit ketiak

Jika Anda memiliki kulit ketiak yang kasar, pemakaian tawas dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Manfaat yang satu ini berkaitan dengan kemampuan tawas dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Itulah mengapa tawas dapat mengatasi kulit ketiak kasar, terutama yang sering disebabkan oleh kebiasaan mencukur ketiak.

Mengurangi bau tak sedap pada ketiak

Ketiak yang lembap menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak yang memicu timbulnya bau tak sedap. Menurut sebuah studi, fungsi tawas sebagai pengganti deodoran adalah menghambat perkembangan bakteri di ketiak. Artinya, batu kristal ini juga memiliki manfaat untuk mengurangi aroma menusuk dari ketiak Anda.

Merawat kulit ketiak sehabis dicukur

Apabila Anda sering mencukur bulu ketiak sendiri di rumah, cobalah oleskan batu kristal ini seusai mencukur. Tawas memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk mencegah iritasi sehabis mencukur ketiak. tawas juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda juga.

Aman untuk ketiak yang sensitif

Pemakaian deodoran untuk kulit ketiak yang sensitif memang cukup berisiko. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya gejala iritasi atau alergi sehabis memakai deodoran. Pasalnya, deodoran yang dijual di pasaran umumnya mengandung senyawa kimia yang dapat mengiritasi kulit sensitif, seperti paraben, triklosan, serta alkohol.

Solusinya adalah beralih ke tawas. Dengan mengganti deodoran biasa Anda ke tawas, Anda bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelahnya.

Populer video

Berita lainnya