Bagaimana Menentukan Tujuan dan Mencapainya

pic by: canva.com

Pilihlah hal yang paling realistis untuk jadwal anda, yang tampaknya paling menyenangkan, dan yang akan memberikan hasil terbaik. Ini harus menjadi sesuatu yang benar-benar ingin anda lakukan dalam jangka panjang. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan: Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus. Hal ini tidak akan berkelanjutan. Jadi pilihlah hal yang dapat anda pertahankan – hal yang ingin anda lakukan setiap hari.

1. MENCIPTAKAN VISI

Anda ingin hidup anda, tahun anda terlihat dan terasa seperti apa? Apa yang ingin anda capai? Kamu mau pergi kemana? Apa yang ingin kamu pelajari? Apa yang ingin Anda bangun?

Jadikan visi tersebut spesifik dan pikirkan bagaimana hal itu akan mengubah hidup anda. Visi yang baik akan membuat anda ingin mengambil tindakan, meskipun itu menakutkan!

2. PILIH DENGAN BIJAKSANA

Saat ini kita hidup di dunia dengan peluang yang hampir tak terbatas. Oleh karena itu kita harus sangat pilih-pilih tentang hal-hal yang ingin kita perhatikan. Jadi, pilihlah 3 tujuan teratas anda dengan bijak. Tujuan terbesar dan terbaik anda adalah hal-hal yang meningkatkan kehidupan anda dalam jangka panjang dan melibatkan perubahan kebiasaan sehari-hari.

Misalnya, jika saya kelebihan berat badan dan berkata, “Tahun ini berat saya akan turun 20 pon”.

3. JADILAH LEBIH PEPILIH

Setelah Anda memilih tujuan, jadilah lebih pemilih. Karena inilah saatnya menentukan pilihan bagaimana anda ingin mencapai masing-masing dari tiga tujuan anda. Ada begitu banyak peluang, begitu banyak cara untuk melakukan sesuatu dan saya yakin anda memiliki lebih dari satu hobi atau keterampilan yang dapat anda hasilkan.

4. BUAT RENCANA

Sekarang saatnya membuat daftar tugas yang menyertainya dan membuat rencana untuk tujuan yang telah anda tetapkan. Misalnya, jika anda ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran, anda tidak bisa hanya melakukan olahraga sembarangan sesekali dan mengharapkan hasil. Yang terbaik adalah membuat rencana latihan, putuskan berapa kali seminggu Anda akan berolahraga dan latihan apa yang akan anda lakukan.

5. MERENUNGKAN

Saya merekomendasikan untuk merencanakan dan merenungkan rencana itu setiap minggu dan bulanan. Dengan cara ini anda akan tetap pada jalurnya. Tetapkan tujuan kecil, pencapaian, dan tugas sepanjang prosesnya, sehingga anda dapat mencatat prosesnya dan melihat kemajuannya.

Ketika anda melihat seberapa jauh kemajuan anda dalam sebulan, ini akan memotivasi anda dan membantu anda melewati masa-masa sulit. Sekalipun kemajuan anda kecil, itu masih merupakan langkah ke arah yang benar dan langkah-langkah kecil akan bertambah.

6. PRIORITAS MINGGUAN DAN HARIAN

Perbedaan utama antara tujuan yang anda capai dan tujuan yang tidak anda capai adalah seberapa banyak anda benar-benar berbuat untuk mencapainya. Jadikan tindakan kecil tersebut sebagai prioritas – jadikan tindakan tersebut menjadi kebiasaan. Mungkin tidak setiap hari, tapi hampir setiap hari dalam seminggu.

7. JADILAH FLEKSIBEL

Pahami bahwa meskipun anda membuat rencana yang sempurna dan benar-benar melakukan segalanya sesuai rencana tersebut, Bersiaplah untuk mengubah arah berkali-kali dan mengambil keputusan saat itu juga. Percayalah, anda mendapatkan ini segera setelah anda melepaskan ekspektasi anda agar semuanya berjalan sempurna.

8. PUNYA KESABARAN DAN KETEKUNAN

Terakhir, jika Anda telah menetapkan tujuan besar, hal itu mungkin tidak akan terjadi seminggu setelah anda menetapkannya. Anda akan membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Dan anda akan mendapati mereka mengetahui bahwa inilah yang ingin anda lakukan dan yakin bahwa hal itu akan berhasil. Jika anda menikmatinya, anda melihat kemajuan, meskipun anda belum mencapainya, anda menuju ke arah yang benar. Segalanya hanya membutuhkan waktu.

Populer video

Berita lainnya