Kebenaran Penting yang Perlu Diterima jika Ingin Hidup Lebih Bahagia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Hidup adalah apa yang Anda buat. Sungguh mengejutkan betapa mudahnya melupakan hal-hal penting dalam hidup. Jadwal yang padat dan rutinitas mingguan cenderung membuat otak bekerja secara otomatis. Beberapa kebenaran penting dalam hidup perlu diulangi. Simpanlah daftar ini dan bacalah kapan pun Anda membutuhkan dorongan.

Berikut 10 kebenaran penting yang perlu Anda terima jika Anda ingin hidup lebih bahagia:

1. Menjadi sibuk tidak sama dengan menjadi produktif

Lihatlah semua orang di sekitar Anda. Mereka semua tampak begitu sibuk — berlari dari rapat ke rapat dan mengirimkan email. Namun berapa banyak dari mereka yang benar-benar berproduksi, kesuksesan tidak datang dari gerak dan aktivitas. Hal ini berasal dari fokus — dari memastikan bahwa waktu anda digunakan secara efisien dan produktif. Pastikan upaya anda didedikasikan untuk tugas-tugas yang membuahkan hasil.

2. Kesuksesan besar seringkali diawali dengan kegagalan

Anda tidak akan pernah mengalami kesuksesan sejati sampai anda belajar menerima kegagalan. Kesalahan anda membuka jalan bagi anda untuk sukses dengan mengungkapkan kapan anda berada di jalan yang salah. Rasa frustrasi inilah yang memaksa anda untuk berpikir secara berbeda, melihat ke luar kotak dan melihat solusi yang selama ini anda lewatkan. Kesuksesan membutuhkan kesabaran dan kemampuan untuk mempertahankan sikap yang baik.

3. Ketakutan adalah sumber penyesalan nomor satu

Anda akan menyesali peluang yang tidak anda ambil dari kegagalan anda. Jangan takut mengambil risiko.

4. Harga diri Anda harus datang dari dalam

Saat anda merasa nyaman dengan sesuatu yang telah Anda lakukan, jangan biarkan opini atau pencapaian orang lain merenggutnya dari anda. Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain, dan Anda selalu bisa menerima pendapat orang lain dengan tidak hati-hati. Dengan begitu, tidak peduli apa yang dipikirkan atau dilakukan orang lain, harga diri Anda berasal dari dalam.

5. Anda sebaik orang yang bergaul dengan anda

Anda harus berusaha untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menginspirasi Anda, orang-orang yang membuat Anda ingin menjadi lebih baik. Dan Anda mungkin melakukannya.

6. Hidup ini singkat

Tak satu pun dari kita yang bisa menjamin hari esok. Namun, ketika seseorang meninggal secara tak terduga, hal itu menyebabkan kita memikirkan kembali kehidupan kita sendiri: apa yang sebenarnya penting, bagaimana kita menghabiskan waktu, dan bagaimana kita memperlakukan orang lain.

7. Anda tidak perlu menunggu permintaan maaf untuk memaafkan

Hidup menjadi lebih lancar setelah anda melepaskan dendam dan memaafkan bahkan mereka yang tidak pernah meminta maaf. Dendam membiarkan peristiwa negatif dari masa lalu merusak kebahagiaan hari ini. Kebencian dan kemarahan adalah parasit emosional yang menghancurkan kegembiraan hidup anda.

8. Anda menjalani kehidupan yang Anda ciptakan

Anda bukan korban keadaan. Tidak ada seorang pun yang bisa memaksa Anda mengambil keputusan dan mengambil tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai dan aspirasi Anda. Keadaan yang Anda jalani saat ini adalah milik Anda sendiri — Andalah yang menciptakannya.

9. Hiduplah pada saat ini

Anda tidak dapat mencapai potensi penuh Anda sampai Anda belajar menjalani hidup saat ini. Rasa bersalah sebesar apa pun tidak dapat mengubah masa lalu, dan kecemasan sebesar apa pun tidak dapat mengubah masa depan. Anda harus melakukan dua hal: Menerima masa lalu anda dan menciptakan masa depan anda.

10. Perubahan tidak bisa dihindari – terimalah

Hanya ketika Anda menerima perubahan, Anda dapat menemukan kebaikan di dalamnya. Anda harus mempunyai pikiran terbuka dan tangan terbuka jika ingin mengenali dan memanfaatkan peluang yang diciptakan oleh perubahan. Hargai dan nikmatilah, karena hal itu pasti akan berubah.