7 Jenis Kecerdasan Manusia, Anda Termasuk yang Mana?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata kecerdasan? Mungkin anda akan berpikir tentang IQ yang tinggi. Ya, bagi sebagian kita kemampuan akademis dan nalar merupakan parameter untuk mengukur tingkat kecerdasan.

Menurut psikolog Howard Gardner, kecerdasan terbagi dari beberapa jenis. Seseorang bisa saja menjadi baik dalam satu bidang, namun mungkin tidak pada orang lain. Gardner pun memperkenalkan teori kecerdasan ganda, dimana manusia tidak dilahirkan dengan kualitas yang sama. Sebagian orang bisa saja menjadi atlet yang baik, sementara yang lain mungkin cerdas di bidang lain.

Kenyatannya, kebanyakan orang gagal melihat potensi mereka yang sering berakhir di profesi yang salah atau tidak sesuai. Itu karena mereka belum menyadari bidang keahlian mereka masing-masing. Oleh karenanya, dilansir dari laman Times of India, berikut ini terdapat beberapa jenis kecerdasan yang mungkin bisa membantu mengidentifikasi keahlian anda.

Kecerdasan Visual atau Spasial

Orang-orang seperti ini pandai memvisualisasikan hal-hal dalam berbagai dimensi. Mereka secara alami terampil dalam peta, bagan, teka-teki, mengenali pola, menggambar, melukis, dan seni visual.

Pilihan karir yang potensial: Pilot, Perancang busana, Arsitek, Ahli Bedah, Artis atau Insinyur

Kecerdasan tubuh – kinestetik

Mereka yang memiliki kecerdasan kinestetik pandai dalam gerakan dan olah tubuh. Mereka memiliki kendali fisik yang luar biasa, koordinasi tangan-mata yang sangat baik, serta keseimbangan. Orang-orang seperti ini secara alami pandai menari dan berolahraga, serta seringkali mengingat sesuatu karena melakukannya, daripada mendengar atau melihat.

Pilihan karir yang potensial: Penari, Terapis fisik, Pematung, Atlet, Mekanik, Pembangun atau Aktor

Kecerdasan linguistik – verbal

Kecerdasan linguistik – verbal mengacu pada kemampuan menggunakan kata-kata, baik saat menulis maupun membaca. Orang-orang seperti ini sangat peka terhadap arti kata, urutan kata, dan bunyi, atau ritme. Mereka senang membaca dan menulis, mengambil bagian dalam debat, dan menghafal informasi.

Pilihan karir yang potensial: Penyair, Novelis, Jurnalis, Editor, Pengacara, Guru

Kecerdasan intrapersonal

Mereka yang memiliki kecerdasan intrapersonal peka terhadap perasaan, mengetahui keadaan emosi mereka dan memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran. Mereka menikmati refleksi diri, analisis dan menilai kekuatan.

Pilihan karir yang potensial: Terapis, Konselor, Psikolog, Pengusaha, Filsuf dan Ahli Teori

Kecerdasan logis – matematis

Orang yang kuat dalam kecerdasan logis – matematis pandai bernalar dan menganalisis masalah secara logis. Mereka memiliki keterampilan memecahkan masalah yang sangat baik, suka melakukan eksperimen ilmiah, dan dapat memecahkan perhitungan yang kompleks.

Pilihan karir yang potensial: Pemrogram komputer, Ahli Matematika, Ekonom, Akuntan, Ilmuwan, Insinyur

Kecerdasan musikal

Mereka yang memiliki kecerdasan musikal lebih peka terhadap ritme, nada, dan melodi. Mereka dapat memainkan dan mempelajari beberapa alat musik, serta sangat mengapresiasi musik.

Pilihan karir yang potensial: Penyanyi, Konduktor musik, DJ, Guru musik, Penulis lagu dan Komposer

Kecerdasan interpersonal

Orang dengan kecerdasan interpersonal pandai memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah menilai emosi, suasana hati, dan perasaan orang lain. Orang-orang ini dapat berkomunikasi dengan baik secara verbal, bahkan terampil dalam komunikasi nonverbal. Mereka selalu berusaha menyelesaikan konflik dan menciptakan hubungan yang positif dengan orang lain.

Pilihan karir yang potensial: Manajer tim, Negosiator, Politisi, Humas, Penjual, dan Psikolog

Populer video

Berita lainnya