Membuat Sampo Alami dari Teh Hijau dan Lidah Buaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apabila anda suka minum teh hijau dan memiliki tanaman lidah buaya, anda boleh berbangga hati. Sebab anda dapat membuat sampo sendiri di rumah. Menariknya, sampo ini bersifat organik dan bebas sulfat.

Sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Selain mengatasi kerontokan dengan mempercepat pertumbuhan rambut, teh hijau juga berkhasiat untuk memenuhi nutrisi rambut. EGCG yang terkandung dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut.

Sementara lidah buaya. Bahan ini kerap digunakan oleh berbagai macam produk perawatan rambut. Mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc, lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal di kulit kepala, memperbaiki rambut rusak, mengatasi rambut berminyak, membuat rambut berkilau, dan masih banyak lagi lainnya. Dilansir dari laman Times of India, berikut cara membuatnya di rumah.

  1. Simpan kantong teh hijau bekas dalam 200ml air dan didihkan selama 25 menit.
  2. Angkat campuran dari kompor dan diamkan hingga dingin.
  3. Setelah dingin, tambahkan 200ml sabun cair, sedikit gel lidah buaya dan satu sendok makan minyak zaitun.
  4. Jika mengiginkan keharuman tertentu, anda bahkan bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau mawar.
  5. Saat mencuci rambut dengan sampo teh hijau, anda tidak perlu menggunakan kondisioner. Karena campurannya bebas bahan kimia. Cukup, bilas ke seluruh rambut anda lalu bersihkan dengan air dingin.

Populer video

Berita lainnya