Ragam Aneka Kue Basah Tradisional untuk Sajian Lebaran yang Menggoda Selera

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Cookpad

Lebaran merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai momentum untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara, Lebaran juga identik dengan aneka hidangan lezat yang disajikan di meja. Salah satu yang tidak boleh absen adalah kue-kue basah tradisional yang selalu menggugah selera. Kue-kue ini memiliki beragam varian rasa dan tekstur yang membuatnya selalu dinantikan setiap tahunnya.

Nah, untuk kamu yang ingin menyajikan hidangan istimewa di hari Lebaran, berikut adalah beberapa rekomendasi aneka kue basah tradisional yang bisa kamu coba sajikan.

1. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue basah tradisional yang memiliki tekstur yang lembut dan legit. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, santan, dan beberapa bahan lainnya. Setelah matang, kue lumpur biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut membuat kue lumpur selalu menjadi hidangan yang dinantikan di setiap perayaan Lebaran.

2. Klepon

Klepon adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki ciri khas berupa bola-bola kecil berwarna hijau. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan dan gula merah yang dibentuk bulat dan kemudian direbus. Setelah matang, klepon biasanya dilumuri oleh kelapa parut. Rasanya yang manis dan legit dengan sensasi gula merah yang meleleh di dalamnya membuat klepon selalu menjadi favorit di meja Lebaran.

3. Onde-Onde

Onde-onde adalah kue basah tradisional yang terkenal dengan isian kacang hijau yang manis di dalamnya. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalamnya. Biasanya, onde-onde dilapisi oleh wijen putih di luar sehingga memberikan sensasi gigitan yang renyah. Rasanya yang manis dan legit membuat onde-onde selalu menjadi hidangan yang dinantikan di hari Lebaran.

4. Getuk Lindri

Getuk lindri adalah kue tradisional Jawa yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang manis legit. Biasanya, getuk lindri disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat getuk lindri menjadi salah satu hidangan wajib di meja Lebaran.

5. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue basah tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, dan gula. Adonan dadar gulung kemudian dituangkan tipis-tipis di atas wajan dan kemudian digulung dengan isian gula merah yang dicampur dengan kelapa parut. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat dadar gulung selalu menjadi hidangan yang dicari-cari di hari Lebaran.

6. Kue Lapis

Kue lapis adalah salah satu kue basah tradisional Indonesia yang terkenal dengan tekstur yang kenyal dan berlapis-lapis. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula, dan beberapa bahan lainnya yang kemudian dipanggang secara bertahap sehingga membentuk lapisan-lapisan yang indah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang unik membuat kue lapis selalu menjadi hidangan istimewa di setiap perayaan Lebaran.

Itulah beberapa rekomendasi aneka kue basah tradisional yang bisa kamu coba sajikan di hari Lebaran. Semoga dengan adanya hidangan-hidangan tradisional ini, momen Lebaran kamu menjadi lebih meriah dan berkesan. Selamat menyajikan dan selamat menikmati hidangan lezat bersama keluarga tercinta!

Populer video

Berita lainnya