5 Rekomendasi Band Emo Jogja di 2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Orchid, Band Emo Legendaris

Emo merupakan salah sub-genre dari musik Hardcore yang cukup populer sejak kemunculannya di pertengahan tahun 1980-an. Barisan nada yang katarsis dan melankolik, khas dengan beat cepat ala hardcore punk serta lirik yang emosional, dibawakan dengan vokal yang melodius, bahkan tidak sedikit band yang menggunakan teriakan dan screaming.

Musik Emo pun seiring berjalannya waktu dicampur dengan influens musik lainnya, bahkan memiliki sub-genre turunan yaitu Screamo (baik yang sering muncul di MTV maupun yang underground, “Skramz) yang lebih chaotic dan cepat.

Di Yogyakarta, skena Emo pernah berjaya di era 2005-an dengan band yang masih hidup sampai sekarang yaitu End of Julia dan LKTDOV (red: Last Kiss To Die Of Visceroth). Sekarang, skena Emo di Yogyakarta mulai menyeruat kembali, dan kami merekomendasikan kepada kalian 5 (atau lebih) band Emo generasi baru yang patut kalian ikuti:

1. Bufcxter

Kuartet asal Yogyakarta (yang lahir di Purworejo 2017) ini merupakan salah satu band yang wajib kalian dengar! Bufcxter memainkan skramz yang memiliki kesan warna yang modern dapat memberikan point emosional yang personal serta penampilan yang chaotic dengan merilis EP Between The Chaotic Phases pada tahun 2023 silam!

(FFO: State Faults, Suis La Lune, Saetia)


2. Marie Joe

Salah satu band Midwest Emo yang berasal dari Yogyakarta ini merupakan salah satu nafas segar ditengah hiruk pikuk kota Jogja. Warna musik mereka yang colorful namun tetap memiliki sisi melankolis yang tersendiri ini patut untuk kalian coba dengarkan!

(FFO: American Football, Brave Bird, Marietta)


3. Grass n’ Hopper

Band yang berdiri sejak tahun 2019 ini merupakan salah satu band yang terbilang unik, meleburkan musik emo-post hardcore era 2000-an, pop-punk, dengan musik Soft-Grunge. Mereka sudah merilis EP Mood: Pure pada tahun 2021, tentunya menjadi salah satu band yang patut kalian dengarkan didalam playlist kalian!

(FFO: Brand New, Citizen, Movements)


4. Noire

Noire merupakan salah satu band yang terbilang unik dengan musik skramz yang dipadukan dengan elemen post-rock yang kental. Mereka sedang menggarap materi terbaru mereka, dan mereka sudah merilis Hollow yang bisa kalian dengarkan di DSP favorit kalian!

(FFO: Piri Reis, Pianos Become The Teeth)


5. Liburan Di Rumah

Liburan Di Rumah merupakan band yang memiliki kesan eksperimental yang khas, memainkan math rock dan emo yang cukup familiar bagi orang-orang yang sudah mendengarkan mereka. Mereka baru saja merilis Clementine, setelah merilis maxi single yaitu Disquiet/Au Revoir

(FFO: American Football, Sigur Ros)


Honorable Mention

  • Dissloved

Band yang baru saja terbentuk di tahun 2023 ini menyajikan musik melodic hardcore dengan sentuhan emo yang kental. Setelah baru saja merilis Kamadeva, Dissloved sedang dalam proses penggarapan materi terbaru!

(FFO: Counterparts, Being As An Ocean, Bloom)

  • Beforeyou

Beforeyou merupakan project dari beberapa personil band2 ternama Jogja seperti LKTDOV serta Hangout, memainkan musik midwest emo yang cepat dibalut dengan energi pop-punk yang menarik untuk kalian dengarkan!

(FFO: Tiny Moving Parts, Midwest Pen Pals, American Beauty)

  • Anamnese

Anamnese adalah projek supergroup berisi personil sari LKTDOV, Bufcxter, Bias, Grass n’ Hopper dan The Ring yang pada tahun 2020 hingga sekarang. Mereka menyajikan permainan musik yang unik dengan memainkan musik skramz dengan lirik berbahasa Perancis!

(FFO: Daitro, Sed Non Satiata, Raein)

Populer video

Berita lainnya