Pilihan Takjil yang Enak dan Menyehatkan untuk Buka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyiapkan Menu Sahur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berburu takjil menjadi salah satu rutinitas yang banyak dilakukan masyarakat Muslim di Indonesia ketika Ramadan. Beragam takjil buka puasa seperti gorengan, martabak hingga minuman manis menjadi hal yang sering ditemui di banyak tempat selama bulan puasa. Namun, jangan lupa memilih makanan dan minuman yang bernutrisi, agar tubuh tetap sehat dan kuat untuk berpuasa sebulan penuh.

Tidak hanya nikmat, takjil untuk buka puasa juga idealnya harus bergizi. Sebab setelah berpuasa lebih dari 12 jam, tubuh membutuhkan kalori dan nutrisi lengkap untuk menanbah energi m dan organ tubuh bisa fungsi dengan baik. Oleh sebab itu, perlu memerhatikan kandungan gizi makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Melansir laman Alodokter, berikut ragam pilihan takjil untuk buka puasa:

Kurma

Anjuran berbuka puasa dengan makan kurma bukanlah tanpa alasan. Buah kurma mengandung karbohidrat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama selama berpuasa. Berkat nutrisinya yang lengkap, mengonsumsi buah kurma saat buka puasa bisa mencegah sembelit, membuat tubuh lebih sehat, dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Lontong isi

Lontong isi sayur, oncom, atau daging, sudah menjadi jajanan yang sering ditemui di banyak tempat menjelang buka puasa. Bukan hanya rasanya yang enak, lontong isi juga termasuk makanan yang menyehatkan tubuh. Sebab, lontong isi mengandung karbohidrat, protein, dan juga serat. Jika ditambahkan isi sayuran, lontong memiliki tambahan vitamin dan mineral.

Lemper

Penyajian lemper dan lontong sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, lemper terbuat dari ketan, sedangkan lontong isi terbuat dari beras. Karena lemper juga termasuk sumber karbohidrat yang bisa membuat tubuh berenergi setelah buka puasa. Selain itu, lemper dilengkapi isian suwiran ayam atau abon daging. Isian ini bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh..

Bubur kacang hijau

Kacang hijau merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan usus. Biji-bijian berwarna hijau ini mengandung protein, karbohidrat, serta aneka vitamin dan mineral. Kacang hijau pun dilengkapi dengan sejumlah nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh selama berpuasa, seperti zat besi, zinc, selenium, dan antioksidan.

Siomai

Takjil buka puasa yang enak dan menyehatkan selanjutnya adalah siomai. Siomai terbuat dari ikan, ayam, atau udang, yang dihaluskan bersama tepung tapioka, tepung maizena, tepung terigu, daun bawang, dan putih telur. Lalu, adonan siomai dikukus sampai matang serta disajikan dengan tahu, kentang, kol, dan saus kacang.

Namun, hindari menambahkan saus sambal terlalu banyak supaya tidak sakit perut, ya. Apalagi jika punya riwayat maag atau GERD.

Gado-gado

Gado-gado terbuat dari beragam sayuran yang menyehatkan, seperti kol, labu siam, kangkung, taoge, timun, dan pare. Selain itu gado-gado juga dilengkapi dengan lontong, jagung, tempe, tahu, serta irisan telur rebus.

Nutrisi yang terkandung di dalam gado-gado sangat lengkap, yakni karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral. Makanan ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat buka puasa.

Jus buah dan smoothies

kedua minuman ini bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi harian.  Selain itu, antioksidan dan vitamin C yang terkandung dari buah-buahan yang sangat baik untuk imunitas sehingga tidak mudah sakit saat bulan puasa.

Air kelapa

Rasanya yang segar dan enak membuat air kelapa disukai banyak orang, dan sering menjadi pilihan sebagai menu berbuka puasa. Selain itu, elektrolit yang terkandung di dalamnya, seperti kalium, magnesium, dan natrium, sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa.

Guna mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, hindari menambahkan pemanis ke dalamnya.

Susu

Susu bisa menjadi pilihan takjil buka puasa yang sehat. Alasannya, protein yang terkandung di susu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat perut terasa kenyang. Sejumlah mineral di dalam susu terbukti bisa memperkuat tulang sehingga Anda dapat bebas beraktivitas selama bulan puasa.

Namun apabila memiliki gangguan pencernaan, seperti GERD, sebaiknya pilihlah susu skim atau tanpa lemak agar tidak memicu kenaikan asam lambung.

Salad

Salad buah maupun salad sayuran kaya akan serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk mencukupi asupan gizi ketika berpuasa. Selain itu, salad juga rendah kalori, jadi bisa jadi pilihan takjil bagi kamu yang sedang diet.

Populer video

Berita lainnya