Olahan Nasi Nikmat, Sahur Jadi Semangat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: cookpad.com

Ibadah puasa dilakukan dalam satu bulan penuh di Bulan Ramadhan. Ini menjadi hari yang spesial bagi Umat Muslim yang menjalakannya. Tidak sedikit yang menyiapkan rencana menu-menu untuk buka puasa dan sahur agar lebih istimewa di bulan penuh berkah.

Nasi selalu menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Tentu saja nasi pasti akan selalu tersaji dan menjadi menu berbuka ataupun sahur pilihan banyak orang. Dipadupadankan dengan berbagai lauk yang berganti setiap harinya, menjadikan nasi tidak luput di meja makan.

Selain dipadupadankan dengan berbagai lauk pauk dan sayuran, ternyata nasi juga dapat diolah agar memiliki rasa yang lebih nikmat, dibandingkan jika hanya ditanak saja.

Ini adalah beberapa ide olahan nasi yang nikmat dan akan membuat Bulan Ramadhan anda menjadi spesial karena pilihan menu berbuka dan sahur yang dihadirkan.

  • Nasi Cikur

Nasi cikur merupakan olahan nasi khas daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. Cikur dalam Bahasa Sunda yang berarti kencur, maka jenis masakan nasi ini diolah bersama kencur. Sebelumnya, Anda harus menanak nasi seperti biasa terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah kencur, cabe rawit, daun bawang, merica, bawang merah, bawang putih, penyedap, lada, dan minyak goreng untuk menumis. Proses memasaknya adalah dengan mencampurkan semua bahan yang sudah diiris dengan nasi yang sudah ditanak ke dalam penggorengan. Cara memasak yang sangat mudah dan cocok untuk menu Anda di bulan puasa.

  • Nasi Tutug Oncom

Selain nasi cikur, olahan nasi yang juga berasal dari daerah Jawa Barat adalah nasi tutug oncom. Dari namanya, nasi ini memerlukan bahan oncom sebagai campuran. Bahan yang dibutuhkan juga tidak jauh berbeda, yakni bawang merah, bawang putih, cabe rawit, lada dan penyedap. Sebelum dicampur dengan nasi, semua bahan dimasak bersama oncom terlebih dahulu. Setelah oncom matang, nasi dimasukkan dan diaduk bersama oncom di atas kompor. Rasanya yang khas akan membuat Anda ketagihan untuk membuat olahan nasi ini.

  • Nasi Uduk

Nasi uduk sudah menjadi olahan nasi yang paling populer di Indonesia. Asalnya dari Betawi, tapi kini sudah dikenal hampir di seluruh daerah Indonesia. Tentu saja nasi ini dapat menjadi pilihan menu olahan nasi pada saat berbuka ataupun sahur. Bahkan, kini sudah tersedia bumbu nasi uduk instan yang bisa Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Mudah dan praktis bukan?

Populer video

Berita lainnya