Ketahui Ragam Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Masker Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kopi tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Pasalnya, biji kopi kaya kandungan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Masker kopi dibuat dengan cara mencampurkan kopi dengan pelarut, seperti minyak zaitun, lalu dioleskan secara merata ke wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas masker kopi hingga bersih.

Berbagai bahan alami juga dapat dicampurkan dengan kopi dalam pembuatan masker wajah. Seperti buah, sayur, hingga biji-bijian. Melansir laman Alodokter, berikut manfaat masker kopi bagi kulit wajah.

Tampak awet muda

Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda-tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap kencang dan kenyal. Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang sehingga dapat menyamarkan mata panda.

Memperbaiki kulit akibat papara. Sinar UV

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama disebabkan paparan sinar matahari. Namun, Anda tetap dianjurkan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV.

Mencerahkan kulit wajah

Salah satu manfaat masker kopi lainnya adalah mencerahkan wajah. Saat dioleskan ke wajah, kandungan kafein dalam masker kopi mampu menurunkan aliran darah ke wajah. Hal ini yang membuat wajah terlihat lebih.

Mengatasi jerawat

Kopi memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Selain itu, antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mencegah munculnya jerawat pada kulit.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas masker kopi dalam merawat kulit berjerawat.

Mengangkat sel kulit mati

Masker kopi dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit.

Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

Membersihkan komedo

Komedo terjadi karena penyumbatan minyak dan kotoran di pori-pori kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker kopi guna mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Mengencankan kulit wajah

Selain menutrisi kulit, kandungan vitamin B3 di dalam masker kopi dapat meningkatkan produksi keratin. Keratin merupakan protein yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan kencang.

Antioksidan dalam kopi juga dapat menghambat tanda penuaan dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit, sehingga wajah tampak lebih kencang.

Populer video

Berita lainnya