Ini Manfaat Deep Talk dengan Sahabat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komunikasi yang baik adalah bagian penting dari sebuah hubungan, baik hubungan asmara maupun persahabatan. Salah satu gaya komunikasi yang sehat yaitu deep talk.

Gaya komunikasi ini biasanya menjadi wadah mengobrol lebih intim dan mendalam. Sebab, berbicara secara mendalam merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kebahagian dan membuat perasaan jadi lebih lega. 

Selain itu, deep talk ini juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental. Terutama jika Anda melakukannya sahabat karib sendiri. Melansir laman Halodoc, ini manfaat deep talk bersama sahabat.

Perasaan lebih lega

Mengutarakan perasaan, pengalaman, dan berbagi sudut pandang dengan sahabat bisa membuat perasaan jadi lebih lega dan tenang. Sebab, beban pikiran terasa berkurang. 

Anda dan sahabat juga bisa saling menguatkan diri. Bahkan, mungkin bisa menemukan solusi yang belum terpikirkan sebelumnya. 

Lebih bahagia

Ada ragam cara meningkatkan kebahagiaan, salah satunya dengan berbagi cerita. Studi menemukan orang yang rutin berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain akan lebih bahagia. Misalnya seperti sahabat, akan merasa bahagia dan kualitas hidup jadi lebih baik. 

Deep talk atau perbincangan yang bermakna, menarik, serta kompleks dapat menjadi cara untuk mengatasi rasa kesepian.

Hubungan dengan sahabat terjaga

Hubungan persahabatan dapat kamu wujudkan dengan cara deep talk. Wajar jika hubungan persahabatan terjadi perbincangan seperti mencurahkan isi hati alias curhat secara terbuka. Dengan begitu, rasa kepercayaan, pengertian, empati, dan kasih sayang dapat terjadi. Hubungan dengan sahabat semakin erat dan terjalin dengan baik.

Sudut pandang kehidupan bertambah

Setiap orang memiliki sudut pandang tersendiri tentang kehidupan. Namun, memiliki satu sudut pandang hidup saja mungkin tidak cukup. Lewat deep talk dengan sahabat dapat membuatmu mengetahui bagaimana sudut pandang kehidupannya.

Memiliki beberapa sudut pandang kehidupan dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Melalui deep talk dengan sahabat, kamu dapat mempelajari pengalamannya dan mendapatkan inspirasi dalam menjalani kehidupan. 

Mencegah gangguan mental

Kebanyakan orang merasa stres karena kesepian atau terperangkap dalam hal yang tidak sehat atau toksik. Situasi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. 

Salah satu cara efektif mengatasimya adalah demgan membangun sistem dukungan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan emosional yang seseorang perlukan. Melalui deep talk, jujur, dan terbuka dengan sahabat yang Anda percayai, anda bisa mencurahkan seluruh isi hati atau keluh kesahmu. Dengan begitu perasaan jadi lebih lega, dan gangguan mental dapat dicegah.

Populer video

Berita lainnya