Ini Tips Menyusun Materi Presentasi, Dijamin Berhasil Mencuri Perhatian

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/man-standing-in-front-of-people-sitting-beside-table-with-laptop-computers-gMsnXqILjp4?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Presentasi menjadi aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Mahasiswa membutuhkan aktivitas presentasi untuk berhadapan dengan para penguji di sidang skripsi. Para pebisnis menggunakan presentasi sebagai aktivitas untuk menyampaikan ide bisnis kepada client. Pengajar menggunakan presentasi sebagai aktivitas penyampaian materi mengajar.

Maka dari itu presentasi menjadi bagian yang sangat penting dalam perjalanan karier seseorang. Memiliki keahlian membuat materi presentasi yang baik dan mampu mengundang perhatian, menjadi keinginan bagi semua orang.

Berikut adalah beberapa tips untuk Menyusun materi presentasi yang dapat mencuri perhatian dari penerima informasi.

  • Buat materi presentasi yang berurutan

Urutan poin-poin presentasi akan sangat membantu Anda dalam proses penyampaian informasi. Maka dari itu, Anda perlu Menyusun materi presentasi dengan baik dan mengetahui betul urutan informasi yang akan disampaikan.

  • Penjelasan singkat dan tepat sasaran

Hindari untuk memberikan penjelasan yang panjang. Jika Anda ingin memberikan penjelasan lebih lanjut secara tertulis, sebaiknya Anda membagikan outline presentasi yang menjelaskan lebih rinci tentang topik presentasi. Pada slide presentasi, taruhlah penjelasan singkat dan tepat sasaran serta mudah dipahami. Kemampuan untuk memilih kata yang tepat sangat diperlukan dalam hal ini.

  • Design presentasi yang tidak merusak fokus

Pilih tema design presentasi yang sesuai dengan tema yang diangkat. Ini sangat penting untuk menarik perhatian dan memberikan fokus kepada para penyimak materi presentasi. Tambahkan gambar bila perlu, dan sesuaikan proporsi gambar dan tulisan pada setiap slide.

  • Slide penutup yang dapat mengundang diskusi lebih lanjut

Anda dapat memberikan penegasan kembali pada akhir sesi presentasi. Buatlah materi terakhir sebagai ulasan dari seluruh materi yang Anda sampaikan. Berikan kesan bahwa presentasi Anda layak untuk diapresiasi dan didiskusikan lebih lanjut untuk menuju ke arah yang diharapkan.

Populer video

Berita lainnya