Tips Meningkatkan Minat Membaca

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/assorted-book-lot-XT-o5O458as?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Membaca menjadi salah satu aktivitas untuk menambah pengetahuan. Kegemaran membaca sering kali dimiliki oleh seseorang yang ingin mendalami sesuatu.

Namun, terkadang ada saat di mana kita merasa terpaksa harus membaca. Ada juga saat di mana kita tidak berminat membaca karena ada aktivitas lain yang menyenangkan untuk dilakukan selain membaca.

Membaca buku memberikan manfaat yang luar biasa. Selain mendapatkan informasi baru atau imajinasi tertentu ketika membaca buku cerita, aktivitas membaca juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang.

Berikut ini adalah tips agar Anda lebih memiliki minat membaca.

  • Tentukan waktu membaca buku

Apabila Anda sedang merasa sedang bingung atau perlu mencari inspirasi, membaca buku dapat menjadi salah satu solusi. Waktu ketika Anda membutuhkan inspirasi adalah waktu yang tepat untuk membaca. Selain itu, Anda dapat menentukan kondisi ketika Anda membaca, misalkan pada saat menunggu kereta datang, saat sedang dalam perjalanan atau sebelum tidur.

  • Ciptakan suasana yang nyaman saat membaca

Membaca dapat dilakukan di tempat yang tenang agar dapat memaksimalkan konsentrasi Anda. Lokasi juga dapat menentukan kenyamanan Anda dalam membaca, misalnya Anda dapat melakukan di kamar, taman, coffee shop pilihan atau tempat favorit Anda. Ini akan membantu untuk meningkatkan durasi membaca Anda menjadi lebih lama.

  • Bacalah buku yang sesuai dengan minat

Sebaiknya Anda mencari buku yang sesuai dengan aktivitas yang sedang Anda minati. Misalkan, Anda sedang melakukan kegiatan berkebun, maka Anda dapat membaca buku tentang perkebunan untuk meningkatkan minat baca dan menambah informasi tentang apa yang sedang Anda geluti.

  • Beri penghargaan pada diri sendiri

Anda dapat bermain dengan diri Anda ketika berhasil menyelesaikan satu buah buku. Pikirkan hadiah apa yang Anda inginkan untuk diri Anda sendiri. Reward dapat memotivasi Anda untuk membaca lebih banyak lagi.

Populer video

Berita lainnya