Cari Tahu tentang Batik lewat Workshop di Galeri Lorong

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pic by Galeri Lorong

Suka pakai batik? Bahkan memiliki banyak koleksi batik? Tapi kalian tahu nggak sih tentang proses pembuatan batik yang rumit? Tak hanya mengulik tentang filosofi motif batiknya saja, tapi mengetahui proses pembuatannya juga tak kalah menarik.

Batik tidak hanya sekadar kain, tetapi juga merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Batik memiliki berbagai macam motif, yang biasanya mengandung makna filosofis tertentu. Selain itu, batik juga dapat menunjukkan daerah asal pembuatannya, karena tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan batik.

Secara tradisional, batik dibuat dengan menuliskan atau melukis malam cair pada kain, kemudian dilanjutkan dengan proses pencelupan dan penghilangan malam. Hasilnya adalah kain dengan motif dan warna yang menawan.

Batik merupakan proses melukis menggunakan canting. Proses pembuatan batik ini dimulai dari ngloyor, nyorek, membatik, pewarnaan, penguncian warna, dan nglorod. Nah, bagi yang penasaran ada event menarik nih di Galeri Lorong yang terletak di Komplek Lorong Jl. Nitiprayan, RT 001, Dusun. Jeblok, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DIY.

Event ini pas banget untuk kalian yang mudik dan punya waktu libur yang cukup panjang. Sebab, event ini diadakan pada 21 April 2024, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.Para peserta cukup merogoh kocek Rp 150.000 saja untuk mengikuti workshop ini. Nantinya workshop ini akan dipandu oleh Arwin Hidayat.

Populer video

Berita lainnya