Apakah Dia Sahabat Sejati Anda? Kenali Ciri-Cirinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sahabat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya membutuhkan orang lain. Karenanya memiliki sahabat sudah menjadi hal yang wajar dilakukan siapa saja. Memiliki teman membuat seseorang dapat berbagi tentang suka maupun duka.

Oleh sebab itu, mengetahui ciri teman yang baik dapat membantu Anda untuk menghargai hubungan persahabatan yang sedang dijalani. Melansir laman hellosehat, berikut ini penjelasan ciri-ciri sahabat sejati yang sangat penting untuk diketahui.

Jujur dan bisa dipercaya

Seorang teman yang baik umumnya akan bersikap jujur dan bisa dipercaya. Mereka akan memilih untuk berbicara jujur dengan niat yang baik daripada bergosip di belakang Anda. Rahasia di antara kalian pun umumnya akan aman dan tidak akan diumbar pada orang lain.

Setia dalam suka maupun duka

Dalam menemukan sahabat sejati membutuhkan sebuah proses. Hubungan persahabatan ini biasanya telah terjalin cukup lama dan hadir pada setiap peristiwa, baik suka maupun duka. Maka dari itu, setia merupakan salah satu ciri sahabat sejati. Mereka tidak akan menjadi support system pada masa-masa sulit saja, tapi juga ikut serta merayakan keberhasilan yang Anda capai.

Dapat diandalkan

Teman sejati akan menepati janjinya. Mereka akan melakukan apa yang dikatakannya, sehingga Anda dapat memercayai dan mengandalkannya. Namun jangan sampai Anda menjadi “ketergantungan” dengan sahabat.

Memiliki empati terhadap orang lain

Teman sejati akan berempati dengan Anda di saat orang lain tidak peduli dengan keadaan yang sedang Anda alami. Teman sejati akan melakukan apa pun sebisanya, misalnya dengan menjadi tempat curhat Anda.

Membawa pengaruh yang baik

Salah satu ciri-ciri persahabatan sejati adalah setiap orang di dalam hubungan ini selalu merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan orang lain. Hal ini diharapkan akan menular dan membawa pengaruh baik. Selain itu, punya teman dengan kepercayaan diri yang tinggi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Pendengar yang baik

Sahabat sejati dapat menjadi pendengar yang baik. Sahabat sejati akan memberi ruang untuk berbicara dan mengungkapkan emosi Anda. Mereka juga bisa membantu menemukan sudut pandang baru dari suatu permasalahan.

Tidak menghakimi

Teman yang baik tidak akah membuat Anda merasa buruk karena menjadi diri sendiri, begitu pula sebaliknya. Kemampuan tidak menghakimi mencerminkan kemudahan untuk menerima keputusan teman, terlepas dari perbedaan dari setiap orang dalam hubungan pertemanan.

Populer video

Berita lainnya