Sambal Khas Daerah Jawa Barat yang Mudah Dibuat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/vegetable-salad-on-brown-wooden-round-plate-zcxEoLOCTvQ?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Sambal memang menjadi makanan pelengkap favorit orang Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas sambal masing-masing.

Hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai jenis bumbu masakan, termasuk jenis-jenis cabai, yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Selere pedas masyarakat Indonesia juga bisa dikatakan tidak main-main.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam jenis sambal adalah Jawa Barat. Jawa Barat dengan masyarakat yang berasal dari Suku Sunda terbiasa dengan makanan lauk yang dicocol sambal dengan tambahan berbagai macam lalapan, yakni sayur yang dimakan mentah.

Berikut ini beberapa jenis sambal yang berasal dari Jawa Barat, sangat mudah Anda buat di rumah.

  1. Sambal Goang

Sambal goang adalah sambal yang disajikan dari bahan mentah yang langsung diolah. Seluruh bahan dari sambal ini tidak perlu melewati proses di masak. Bahan yang diperlukan sangat simple, yakni cabe rawit, bawang putih dan garam. Bahan-bahan ini hanya tinggal diulek hingga agak halus dan disiram minyak panas.

  • Sambal Terasi Dadak

Tidak berbeda dengan sambal goang, sambal terasi dadak juga dibuat dengan bahan-bahan mentah. Dinamakan ‘dadak’ karena proses membuatnya dadakan. Aroma mentah dari bahan yang digunakan akan menimbulkan sensasi segar dan pedas dari sambal ini.

  • Sambal Cibiuk

Sambal ini memiliki tekstur yang kasar. Aromanya juga segar dan menggiurkan karena diulek dalam keadaan mentah. Bahan utama dari sambal ini yang membedakan dengan sambal mentah lainnya adalah tomat hijau. Sambal ini sangat cocok dimakan dengan ikan goreng yang garing.

  • Sambal Cikur

Cikur dalam Bahasa Sunda berarti kencur. Bagi orang Sunda, kencur adalah rempah utama untuk masakan Sunda. Bahkan kencur juga bisa dibuat menjadi sambal. Sambal kencur ini nikmat dimakan bersama tempe goreng dan lauk goreng lainnya. Aroma kencur di sambal ini sangat memberikan sensasi yang berbeda dari sambal lainnya.

Populer video

Berita lainnya