Ini Jenis-Jenis Minuman Tradisional yang Menghangatkan Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/clear-glass-mug-with-yellow-liquid-on-brown-wooden-chopping-board-kuIiEew8V-A?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Indonesia sangat terkenal dengan rempah-rempahnya yang dapat digunakan untuk olahan  beberapa makanan. Tidak lengkap rasanya jika memasak tanpa menggunakan rempah asli Indonesia.

Selain menjadi campuran bahan makanan, rempah-rempah juga bisa menjadi bahan campuran minuman yang menghangatkan badan. Salah satu rempah yang sering digunakan untuk bahan campuran minuman adalah jahe.

Berikut adalah beragam jenis minuman tradisional penghangat badan yang dibuat dari jahe.

  • Wedang Jahe Panas

Ini adalah olahan minuman jahe yang paling mudah untuk dibuat. Bahannya hanya memerlukan air, gula merah dan jahe. Cara membuatnya adalah tinggal merebus jahe yang sudah digeprek ke bersama air. Dan apabila sudah matang, Anda dapat menuangkan air jahe ke gelas dan ditambah gula merah sesuai selera Anda.

  • Wedang Uwuh

Ini adalah salah satu jenis minuman tradisional lainnya yang menggunakan jahe sebagai salah satu bahan dasar. Selain jahe, minuman ini juga membutuhkan rempah lainnya, seperti kapulaga, kayu manis, serai, dan cengkeh. Anda juga dapat menambahkan gula atau madu sebagai pemanis.

  • Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Selain jahe dan gula merah, bahan yang biasanya dicampurkan untuk membuat bandrek adalah merica, pandang, serai, serta telur ayam kampung.

  • Bajigur

Selain Bandrek, Jawa Barat punya minuman tradisional lain yang Bernama Bajigur. Minuman ini identik dengan paduan jahe, gula merah dan santan yang menimbulkan sensasi gurih. Anda dapat menambahkan cemilan seperti kacang rebus atau gorengan ketika sedang menyantap minuman ini.

Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba salah satu minuman tradisional yang menghangatkan di atas. Karena bahan utamanya adalah jahe dan rempah-rempah lainnya, Anda dapat merasakan sensasi hangat yang melegakan.

Populer video

Berita lainnya