Tips Penting Atasi Bau Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Bau Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau badan bisa dialami oleh pria maupun wanita. Kondisi ini bia menjadi mimpi buruk, karena tidak hanya mengganggu kenyamanan aktivitas, tetapi juga menurunkan rasa percaya diri. Nah, sebebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau badan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab seseorang mengalami bau badan.

Tubuh memiliki dua jenis kelenjar keringat utama, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin paling banyak terdapat dalam tubuh dan letaknya dekat dengan permukaan kulit. Sementara itu, kelenjar apokrin banyak terdapat pada bagian folikel rambut, misalnya di area ketiak dan selangkangan.

Keringat dan bau badan dapat terjadi ketika anda melakukan aktivitas fisik, saat udara panas, atau saat merasa gugup dan stres. Ketika suhu tubuh meningkat, kelenjar ekrin akan mengeluarkan keringat yang bertugas mendinginkan suhu tubuh. Di sisi lain, kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang bertekstur lebih berat jika dibandingkan dengan keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin.

Meski keringat tidak memiliki bau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri yang terdapat di kulit (terutama bagian ketiak, kaki, dan selangkangan), keringat bisa menimbulkan aroma tubuh yang tidak sedap. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini cara menghilangkan bau badan yang bisa anda lakukan.

Menjaga kebersihan diri dengan mandi

Sebagai salah satu penyebab bau badan, bakteri, sebenarnya dapat dicegah dengan cara rajin menjaga kebersihan diri serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Cara paling utama dalam mengatasi bau badan adalah dengan rajin mandi.

Mandi minimal satu kali sehari merupakan salah satu cara ampuh mencegah serta mengatasi munculnya bau badan karena dapat mengurangi jumlah bakteri dalam tubuh. Pastikan tubuh anda bersih dari bakteri, terutama di bagian yang rentan terhadap keringat dan bakteri, misalnya ketiak atau selangkangan.

Jika bau badan muncul tiba-tiba, anda bisa mencuci bagian yang berkeringat dengan air dan sabun antibakteri. Ini dapat mengurangi bakteri yang terdapat pada kulit. Setelah membersihkan bagian yang berkeringat, segeralah memakai deodoran atau antiperspiran untuk mencegah munculnya bau badan kembali.

Menjaga badan tetap kering

Setelah mandi, keringkan badan anda sampai benar-benar kering. Cara ini dapat membantu menghilangkan bau badan yang mengganggu. Pastikan bagian tubuh yang rentan berkeringat kering sepenuhnya. Pasalnya, bakteri cenderung berkembang biak di tempat yang basah atau lembap.

Saat berkeringat, cobalah untuk mengeringkan bagian yang berkeringat agar bakteri tidak bereaksi dengan keringat dan kemudian menimbulkan bau badan.

Mengganti baju

Jikasering berkeringat, anda dianjurkan baju ganti ketika bepergian. Baju yang bersih dapat membantu meminimalkan efek buruk dari reaksi antara keringat dan bakteri. Agar mencegah bau badan muncul tiba-tiba, segeralah ganti baju Anda dengan baju bersih dan kering saat tubuh berkeringat.

Menggunakan deodoran atau antiperspiran

Meski sering dikira sama, sebenarnya kedua jenis produk ini berbeda. Deodoran bekerja dengan cara menyerang bakteri yang bisa menghasilkan bau badan. Tak jarang deodoran mengandung alkohol atau komponen antibakteri seperti triclosan. Zat ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak bisa hidup atau berkembang biak.

Adapun fungsi utama antiperspiran adalah mencegah timbulnya ketiak basah dengan cara membentuk gel dan menyumbat kelenjar keringat.

Perhatikan apa yang anda makan

Salah satu penyebab bau badan adalah makanan. Makanan juga bisa menyebabkan Anda berkeringat berlebih, misalnya makanan pedas, kafein, dan alkohol. Selain keringat berlebih, ada pula beberapa jenis makanan penyebab aroma tubuh jadi tak sedap.

Makanan seperti bawang bombay dan bawang putih merupakan beberapa di antaranya. Ini terjadi karena komponen sulfur pada sayuran tersebut diproses oleh tubuh dan dikeluarkan melalui napas, urine, dan keringat.

Mencukur bulu ketiak

Menurut sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology, mencukur rambut di ketiak dapat membantu mengurangi bau tak sedap. Hal ini karena kulit yang dicukur lebih mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan kulit yang berambut.

Mencoba relaksasi

Stres dan beban pikiran merupakan salah satu pemicu keringat berlebih. Akibatnya, stres membuat Anda lebih rentan mengalami bau badan. Oleh karena itu, Anda dapat menjajal teknik relaksasi sebagai cara menghilangkan bau badan.

Beberapa contoh kegiatan relaksasi yang bisa Anda lakukan adalah yoga, meditasi, atau bahkan sekadar menghirup lilin aromaterapi.

Periksakan ke dokter

Apabila Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan bau badan di atas dan tak kunjung berhasil, pilihan terakhir adalah berkonsultasi ke dokter. Pada beberapa kasus, dokter akan merekomendasikan suntik botulinum toxin atau Botox ke area ketiak untuk mencegah keringat berlebih.

Populer video

Berita lainnya