Ini Tips Mempromosikan Produk di Instagram

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/person-holding-black-samsung-android-smartphone-KWZa42a1kds?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Pada era masyarakat digital saat ini, media sosial seakan menjadi kebutuhan primer selain sandang, pangan dan papan. Melihat isi media sosial adalah aktivitas yang lumrah dilakukan oleh masyarakat kekinian. Apalagi kini media sosial tidak lagi hanya digunakan untuk urusan pribadi, namun juga pertukaran informasi antara media dan masyarakat serta menjadi wadah untuk mengembangkan bisnis.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling diminati oleh banyak orang. Scroll reels selama beberapa waktu untuk mengisi jeda senggang. Fitur reels seakan menjadi nyawa dari instagram itu sendiri, karena unggahan berbentuk video akan otomatis masuk menjadi reels, dan video dikatakan sebagai jenis konten yang memiliki engagement lebih tinggi dari hanya sekedar foto di feeds.

Instagram menyadari kehadirannya yang dapat membantu masyarakat dalam berbisnis. Sehingga, peluncuran fitur intagram bisnis tidak memakan waktu yang cukup lama setelah fenomena aktivitas bisnis yang marak berlangsung di instagram.

Adakah diantara yang baru akan memanfaatkan instagram sebagai media promosi produk atau jasa yang Anda jual? Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana memanfaatkan fitur instagram bisnis agar maksimal dan tepat sasaran? Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan pemanfaatan instagram sebagai media promosi produk atau jasa yang dapat Anda lakukan.

  • Buatlah Profil Produk atau Jasa yang Menarik

Sebelum memulai untuk mempromosikan produk atau jasa Anda, Anda harus memiliki profil akun yang dapat menarik perhatian. Seperti yang diketahui, struktur informasi yang ada di halaman profil instagram adalah nama akun, foto profil, biografi akun, unggahan berupa foto dan video, serta takarir (atau caption). Keseluruhan informasi yang ada di halaman profil ini, perlu Anda pikirkan akan membuatnya lebih menarik.
Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat menarik perhatian melalui profile instagram adalah dengan memberikan penjelasan detail tentang produk atau jasa yang akan Anda promosikan, semua informasi harus merujuk pada produk atau jasa tersebut.

  • Tentukan Tema Konten

Menentukan tema merupakan hal yang paling penting dilakukan jika ingin memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Tema konten sebaikanya berkaitan dengan produk atau jasa yang akan Anda promosikan. Tidak hanya unggahan menjual produk atau jasa secara langsung, Anda bisa menyelipkan berbagai tema konten yang berhubungan, seperti tips dan trik, mini vlog, tutorial menggunakan produk atau jasa, atau bahkan testimoni apabila ada yang sudah menggunakan produk tersebut.

  • Gunakan Berbagai Fitur yang Ada

Kini, instagram memiliki begitu banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Jika dahulu kita hanya mengenal unggahan feeds, maka kini kita bisa memanfaatkan fitur reels, story, highlight untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Dengan begitu, produk atau jasa yang Anda promosikan akan mencapai angka engagement yang tinggi, sehingga akan memungkinkan untuk muncul tanpa sengaja di halaman explore atau lewat di reels pengguna lain tanpa mereka harus mengikuti akun Anda.

  • Gunakan hashtag yang Berkaitan

Hingga kini, penggunaan hashtag dinilai masih relevan untuk menjaring lebih banyak perhatian di media sosial, termasuk instagram. Lebih menariknya, pengguna dapat mencari unggahan dengan hashtag sebagai kata kunci, jadi tidak harus mengetahui nama akun. Dengan begitu, produk atau jasa Anda dapat semakin mudah untuk dilihat lebih banyak orang.

Penggunaan media sosial memang menjadi kegemaran masyarakat saat ini untuk mempromosikan produk atau jasa. Selain instagram, masih banyak lagi media sosial yang dimanfaatkan untuk berjualan, bahkan facebook sudah lebih dahulu memiliki fitur marketplace.

Semoga informasi ini membantu Anda mempromosikan produk atau jasa di media sosial. Gunakanlah media sosial dengan bijak, sehingga Anda akan merasakan manfaatnya.

Populer video

Berita lainnya