Begini Cara Merawat dan Membersihkan Lensa Kontak yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Merawat Lensa Kontak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lensa kontak menjadi pilihan bagi sebagian orang yang memiliki masalah penglihatan pada matanya. Selain lebih praktis, lensa kotak juga hadir dengan beragam warna, yang membuat penampilan seseorang terlihat berbeda. Ya, tak heran jika lensa kontak menjadi salah satu item fashion saat ini.

Sebenarnya memakai lensa kontak aman-aman saja selama digunakan secara benar. Namun risiko infeksi mata tetap mengingtai penggunanya. Bahkan bukan hanya infeksi mata, ada juga penyakit mata lainnya seperti iritasi mata, ulkus kornea, konjungtivitis dan abrasi kornea, jika anda tidak memperhatikan kebersihan lensa kontak anda. Dilansir dari laman alodokter, berikut cara merawat lensa kontak.

Jaga kebersihan lensa kontak

Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata. Sesudahnya juga demikian, anda perlu untuk melepas lensa kontak sebelum riasan makeup di hapus.

Selain itu, anda juga disarankan untuk selalu melepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak anda tidak terkena air.

Lepas lensa kontak ketika tidur

Segera lepaskan lensa kontak ketika akan tidur. Jika anda tetap menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata bisa menipis. Apabila hal ini terjadi, anda berisiko mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.

Gunakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air kolam atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

Bersihkan lensa kontak secara berkala

Bersihkan lensa kontak setiap selesai digunakan. Kemudian, segera simpan di kotak penyimpanan yang sudah berisikan larutan pembersih berbasis hidrogen peroksida. Kotak penyimpanan lensa kontak perlu dibersihkan secara rutin dan diganti tiap 3 bulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.

Ketika membersihkan lensa kontak, lakukan secara perlahan agar lensa kontak tidak robek. Bagi yang mengenakan lensa kontak sekali pakai, anda tidak perlu membersihkannya karena bisa langsung dibuang begitu selesai digunakan. Jangan pernah menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari sehari.

Populer video

Berita lainnya