Tips Bijak Mencari Informasi di Era Digital

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/info-arrow-signage-8JFMYz-a8Xo?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Pada era internet saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa penyebaran informasi semakin marak dilakukan. Setiap individu tidak hanya menjadi pencari dan konsumen informasi, namun juga pembuat dan penyebar informasi itu sendiri. Jika anda terhubung dengan internet dan memiliki media sosial, Anda pasti pernah berperan sebagai pencari informasi ataupun pembuat dan penyebar informasi.

Apapun yang anda unggah adalah informasi. Ketika informasi tersebut sudah diunggah, maka informasi tersebut sudah menjadi milik publik, dapat diakses dan digunakan oleh lebih banyak orang. Maka peran pembuat informasi, tidak hanya dilakukan oleh media, namun sekarang bisa Anda sendiri.

Dengan adanya keberlimpahan informasi di tengah-tengah masyarakat ini, maka kita sebagai anggota masyarakat juga harus memiliki sikap terhadap informasi. Sebagai apapun kita terhadap informasi, baik pembuat, penyebar, pencari maupun penikmat, kita harus menyadari akan tanggung jawab kita terhadap informasi tersebut.

Berikut ini adalah tips yang dapat diberikan untuk dapat bersikap terhadap sebuah informasi.

  • Baca keseluruhan informasi

Ketika Anda ingin mencari sebuah informasi, sadarilah informasi apa yang ingin Anda cari. Ketika sudah menemukan sebuah sumber bacaan di internet, maka bacalah informasi tersebut secara menyeluruh. Anda tidak dapat hanya membaca judul besar dan poin dari informasinya saja. Hal ini untuk menghindari sumber bacaan yang tidak menyesuaikan antara judul dengan isi bacaan.

  • Ketahui dari mana sumber informasi tersebut berasal

Terdapat banyak jenis sumber informasi yang tersebar di internet saat ini. Banyak artikel yang berasal dari pendapat pribadi tanpa didasari oleh data atau penelitian dan banyak berita yang tidak didasari oleh fakta. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui dari mana sumber informasi yang Anda temui, sehingga hal itu dapat membantu Anda untuk menilai kedalaman informasi yang Anda peroleh.

  • Jangan hanya percaya pada satu sumber

Sebaiknya Anda mencari lebih dari satu sumber untuk satu topik informasi yang ingin Anda ketahui. Hal ini untuk memberikan variasi sudut pandang terhadap satu topik informasi tersebut, sehingga Anda dapat memiliki kekayaan sudut pandang tentang informasi tersebut.

  • Gunakan kata kunci spesifik

Ketika Anda ingin mencari informasi di internet dan menggunakan mesin pencarian, maka Anda sebaiknya menggunakan kata kunci spesifik. Hal ini juga mengharuskan Anda untuk memahami informasi apa yang ingin Anda cari, sehingga Anda dapat menentukan kata kunci yang lebih mendekati. Kata kunci ini akan sangat membantu Anda untuk memperlihatkan kumpulan informasi yang relevan dengan yang Anda butuhkan.

Populer video

Berita lainnya