Strategi Jitu Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menurunkan Berat Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki berat badan yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Selain menjadikan penampilan menjadi lebih proposional, memiliki berat badan ideal juga dapat terhindar dari risiko berbagai penyakit seperti darah tinggi, kolestrol, diabetes, dan serangan jantung.

Berat badan yang tidak ideal sering kali memberikan efek negatif bagi kesehatan dan juga menta. Berat badan yang tidak ideal dapat membuat kegiatan fisik terganggu, menurunnya rasa kepercayaan diri, bahkan dapat menyebabkan depresi.

Nyatanya, menjaga berat badan tetap ideal bukanlah hal mudah. Pola hidup sehat sangat berperan besar dalam upaya menjaga berat badan ideal. Berikut ini tips ampuh agar berat badan tetap ideal:

Menyusun jadwal menu makanan

Dengan menulis daftar makanan yang perlu kamu konsumsi, kamu dapat memilih sumber makanan yang kaya akan nutrisi bagi kebutuhan tubuh kamu.Menyusun menu jadwal menu makanan sendiri juga dapat memberikan kebebasan bagimu dalam memilih makanan yang lebih bervariasi dan bergizi bagi tubuh.

Menyusun jadwal menu makanan dapat membantu menerapkan pola hidup sehat dan menjadi kunci dalam menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Rutin olahraga

Rutin berolahraga dapat membantu menjaga massa otot dan meningkatkan stamina serta metabolisme di tubuh. Massa otot ini berguna untuk pembakaran kalori sehingga dapat menghilangkan adanya kelebihan lemak di tubuh.

Setidaknya luangkan waktu 75-150 menit dalam seminggu untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Anda dapat melakukan olahraga seperti berlari, berenang, angkat beban, dan olahraga lain yang disukai.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh berguna agar organ pencernaan tidak kehilangan fungsi dalam mencerna makanan yang masuk. Mencukupi cairan tubuh juga membuat suhu tubuh tetap normal, sehingga kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan kerusakan ginjal.

Secara umum, manusia membutuhkan sekitar 8 gelas air putih tiap harinya. Namun, bagi yang sulit untuk meminum air putih dalam jumlah banyak, Anda dapat mengganti kebutuhan cairan tersebut dengan makanan lain seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air, susu skim, dan air kelapa.

Pola tidur teratur

Kurang tidur dapat meningkatkan resiko kenaikan berat badan dan juga menurunkan kesehatan tubuh. Saat kurang tidur, keseimbangan hormon yang mengendalikan nafsu makan dalam tubuh akan terganggu. Hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan nafsu makan yang tidak terkontrol dan dapat mengonsumsi lebih banyak kalori.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya supaya pola tidurmu teratur. Umumnya, orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 6-8 jam perharin.

Mengelola stres

Stres merupakan salah satu hal yang dapat memengaruhi berat badan. Jika tidak dapat mengelola stres dengan baik, berat badan akan mengalami kenaikan yang tidak sehat. Ini karena meningkatnya hormon kortisol di tubuh saat stres.

Hormon kortisol adalah hormon yang berkaitan dengan penyimpanan energi berupa lemak dan juga berpengaruh pada peningkatan nafsu makan. Jika hormon kortisol naik secara berlebihan, badan akan menimbun lemak lebih banyak sehingga memicu naiknya berat badan. Stres juga menjadi salah satu pemicu emotional eating atau makan secara impulsif bahkan saat Anda tidak merasa lapar.

Populer video

Berita lainnya