Cara Ampuh Mengatasi Ketombe di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang bisa terjadi pada siapa saja. Terutama bagi mereka yang jarang memerhatikan kebersihan rambut. Imbasnya, rasa kepercayaan diri seseorang yang mengalaminya tentu akan menurun.

Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe, tanpa harus menjalani perawatan rambut di salon. Berikut cara mengatasi ketombe di rumah.

Cuci rambut secara rutin

Dengan mencuci rambut secara rutin, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala dapat terangkat. Namun, hindari mencuci rambut terlalu sering, karena bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering dan ketombe akan semakin parah.

Gunakan sampo antiketombe

Anda bisa menggunakan sampo antiketombe yang umumnya mengandung natrium lauril sulfat, natrium lauret sulfat, dimethicone, cocamidopropyl betaine, zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, natrium benzoat, methylchloroisothiazolinone, dan mentol.

Di samping membersihkan dan melindungi kulit kepala dari ketombe, sampo antiketombe yang mengandung berbagai bahan di atas juga bisa meredakan sejumlah masalah pada rambut dan kulit kepala lainnya, termasuk kulit kepala dan rambut berminyak.

Gunakan tea tree oil

Tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk memanfaatkan tea tree oil sebagai “obat” ketombe, Anda dapat mencampurkan tea tree oil murni dengan sampo yang biasa digunakan. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak tea tree oil murni yang telah dicampurkan dengan lidah buaya ke kulit kepala secara merata, lalu pijat dengan lebut.

Oleskan minyak kelapa

Satu bahan lagi yang juga diyakini bisa meredakan keluhan ketombe adalah minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak terserap ke rambut dan kulit kepala, kemudian cuci dan bilas hingga benar-benar bersih.

Populer video

Berita lainnya